Kotakdan surat suara yang tersimpan di gudang KPu Kabupaten Mojokerto. (ilustrasi).

IM.com – Ribuan surat suara yang diangkut dalam dua truk kontainer tiba di Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Mojokerto, Jalan Raya Tambak Agung, Puri, Senin sore (4/3/2019) sekitar pukul 16.30 WIB. Total 1.166.269 surat suara itu terdiri dari 847.796 lembar untuk pemilihan caleg DPRD Provinsi dan 318.473 lembar untuk Pemilu Legislatif DPRD Kabupaten Mojokerto di dua dapil.

Masing-masing yakni 181.148 lembar untuk Dapil 1 (Mojosari-Pungging, Ngoro) serta 137.325 lembar untuk Dapil 2.

“Dua kategori surat suara itu sudah disimpan di gudang (KPU Kauipaten Mojokerto),” kata Sekretaris KPU Kabupaten Mojokerto Heru Kendoyo, Senin (4/3).

Heru mengatakan, dari total 847.796 lembar surat suara untuk DPRD Provinsi yang diterima lembaganya hari ini, jumlahnya masih kurang 11 lembar. Yang lainnya, lanjut Heru, jumlah surat suara yang tiba sudah sesuai dengan pengajuan.


“Kami akan sortir lagi untuk memastikan jumlahnya. Apabila memang benar jumlah surat suara untuk DPRD Provinsi kurang, kami akan mengajukan tambahan surat suara,” ujarnya.

Selanjutnya, KPU Kabupaten Mojokerto juga menunggu 4 kategori surat suara lainnya. Yakni untuk pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, DPR RI, DPD, serta surat suara caleg DPRD Kabupaten Mojokerto untuk Dapil 3, 4, 5.

“Setiap hari akan ada kiriman. Kami asumsikan 3 hari kedepan pengiriman sudah selesai,” sebutnya.

Sementara untuk pelipatan dan pengecekan surat suara yang sudah tiba hari ini akan dilakukan besok, Selasa (5/3/2019). Pihaknya kembali akan melibatkan 300 orang relawan untuk proses pelipatan surat suara.

“Proses pelipatan akan dilakukan di dua tempat yakni gudang di Jalan Raya Tambak Agung dan gudang Gor Diknas Jalan RA Basuni, Sooko, Kabupaten Mojokerto,” ungkapnya.

Heru menjelaskan, total pemilih di Kabupaten Mojokerto berjumlah 847.807 orang. Sementara, untuk jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kabupaten Mojokerto sebanyak 3221.

“Jumlah 847.807 itu terdiri dari DPT dan DPTHP-2. Kami rencananya akan menambah 4 TPS, yakni 3 TPS di Kecamatan Pacet dan 1 TPS di Kecamatan Jatirejo,” tandasnya. (son/im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here