Sejumlah warga Dusun Wotlemah, Desa Awang – Awang, Kecamatan Mojosari, Kabupaten Mojokerto melakukan PSU Pilpres di TPS 01. FOTO : Martin

IM.com – Perolehan suara dalam Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilpres di Kabupaten Mojokerto menurun.  PSU yang digelar di TPS 01 Dusun Wotlemah, Desa Awang – Awang, Kecamatan Mojosari, Kabupaten Mojokerto, Selasa (23/04-2019) mengumpulkan 193 suara dari 300 pemilih yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap.

Minimnya partisipasi pemilih, berimbas pada menurunnya perolehan suara kedua Capres. Di PSU kali ini, Capres nomor urut 01 memperoleh 145 suara, nomor urut 02 memperoleh 47 suara. “Suara tidak sah di PSU ini hanya satu suara,” ujar Ahmad Arif, Divisi Teknis KPU Kabupaten Mojokerto.

Sementara pada 17 April kemarin Paslon nomor urut 01 (Joko Widodo – KH. Makruf Amin) memperoleh 175 suara, nomor urut 02 (Prabowo Subianto – Sandiaga Uno) memperoleh 56 suara, lima kertas suara rusak.

Tingkat partisipasi pemilih pada pencoblosan 17 April kemarin relatif tinggi. Tercatat ada 235 pemilih yang menyalurkan hak suaranya. “Partisipasi pemilih menurun dibandingkan coblosan 17 April kemarin,” terang Arif.


Selanjutnya, masih katanya, kotak suara akan digeser ke PPS, kemudian ke PPK Mojosari agar bisa segera diikutsertakan dalam rapat rekapitulasi penghitungan surat suara di tingkat kecamatan dengan target bisa selesai hari ini. (tin/uyo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here