Ketua DPD PDIP Jatim Kusnadi (dua dari kanan), Sekretaris Sri Untari (dua dari kiri) dan pengurus lain.

IM.com – DPD PDIP Jatim akan menetapkan nakhoda baru dalam Konferda di Hotel Wyndham Surabaya pada Rabu (24/7/2019) besok. Ada empat nama yang memiliki punya potensi paling besar ditunjuk DPP sebagai Ketua DPD PDIP Jatim 2020-2025. Siapa saja mereka?

Keempat nama yang menguat dalam bursa ketua yang telah dikantongi DPP PDIP adalah pengurus DPD saat ini. Mereka adalah Kusnadi (ketua incumbent), Wakil Ketua Budi ‘Kanang’ Sulistyono (wakil ketua), Sri Untari (sekretaris) dan Wara Sundari Renny Pramana (Bendahara).

“Tapi bisa juga muncul nama lain yang diputuskan DPP. Apapun keputusan partai, kader akan tunduk dan patuh,” ujar sumber di DPD PDIP Jatim.

Yang pasti, nama calon ketua DPD PDIP Jatim sudah diputuskan DPP. Nama calon ketua beserta sekretaris dan bendahara telah ditetapkan oleh DPP. Nama trio tersebut sudah dikirim dalam amplop bersegel dan diperkirakan sampai ke meja DPD PDIP Jatim, Rabu besok (23/7/2019).


Kemudian tiga nama pimpinan DPD yang telah ditunjuk DPP itu akan diumumkan pada Konferda. Rencananya, Konferda akan dihadiri oleh Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dan Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat.

Ketua PWNU Jatim KH Marzuki Mustamar juga akan direncanakan memberi tausiyah kebangsaan kepada pengurus dan kader PDIP Jatim.

“Awalnya Konferda akan digelar pada 27 Juli bertepatan dengan Peristiwa Kudatuli. Tapi dimajukan karena persiapan menjelang Kongres PDIP pada 8 Agustus dimajukan pada Rabu besok,” kata Sekretaris DPD PDIP Jatim, Sri Untari, Selasa (23/7/2019).

Untuk diketahui, DPP PDIP mengubah mekanisme pemilihan ketua DPD dan DPC. Mekanisme baru yang tertuang dalam peraturan Nomor 28 tahun 2019 menetapkan ketua dan pembentukan struktur DPC dan DPD ditunjuk langsung oleh DPP.

Level PAC di kecamatan, DPC di kabupaten/kota, DPD di tingkat provinsi hanya berhak mengusulkan nama calon. Hasil akhir diputuskan dalam pleno DPP.

Pada pasal 44 ayat 1 Peraturan PDIP 28/2019 disebutkan DPP PDIP juga berwenang menunjuk Ketua DPC atau Ketua DPD, di luar nama-nama yang diusulkan dari bawah. (Baca juga: DPP PDIP Pilih Pungkasiadi sebagai Ketua DPC, Muluskan Jalan Cabup Mojokerto).

Mekanisme ini berkebalikan dengan sebelumnya. Pada periode-periode yang lalu, DPP hanya mengusulkan (rekomendasi) nama kandidat ke DPC dan DPD. Selanjutnya, DPC dan DPD yang berwenang memutuskan kandidat terpilih dan pembentukan struktur partai melali konfercab atau konferda. (im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here