Petugas Damkar Kota Mojokerto memasukkan sarang tawon yang ada di atap rumah warga ke dalam karung. Foto: Martin.

IM.com – Petugas Damkar Kota Mojokerto membersihkan kawanan tawon madu yang membuat sarang di rumah seorang warga Balongsari X No 24 A, RT/RW 3, Kelurahan Balongsari, Kecamatan Magersari, Jumat pukul 13.00 WIB (27/12/2019). Sarang tawon-tawon itu dievakuasi karena meresahkan warga.

“Petugas sempat alami kesulitan ketika akan mengevakuasi sarang tawon yang berada di atap plafon rumah. Karena lubang masuk relatif sempit, ” ujar Heroe Sasangka, Wakil Kepala Damkar Kota Mojokerto.

Heroe menyebutkan, ada dua sarang tawon berukuran sebesar dua kepala orang dewasa yang dievakuasi petugas. Dua sarang tawon itu dievakuasi secara manual.

“Petugas mengenakan pakaian dan helm khusus. Sebelum di evakuasi kita semprot dulu dengan obat serangga agar tawon tersebut tidak mencelakai petugas, ” jelasnya.


Selanjutnya, kedua sarang tawon yang dimasukkan ke satu karung warna putih dan satu keresek warna hitam dibawa petugas ke kendaraan Damkar. Setelah itu, tawon – tawon tersebut diamankan ke dalam tangki air.

Hingga kini, Damkar Kota Mojokerto sudah menangani tiga kali evakuasi sarang tawon. Evakuasi sarang tawon ini didukung personel Satpol PP dan PMI.

“Dari tiga penanganan, di wilayah ini yang relatif sulit karena menuju titik sarangnya sempit, ” kata Heroe.

Sutrisno (39) pemilik rumah menceritakan, tawon-tawon itu telah menyengat anaknya Aisa Kurnia Ayu yang baru berusia 3 tahun.

“Sepekan yang lalu kaki anak saya tersengat dan baru mengetahui kalau ada sarang tawon di atas plafon, ” ungkap Sutrisno saat ditemui di lokasi. (rei/im) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here