Jelang Pelaksanaan Pilkada Tahun 2020, Ini Arahan Pangdam V/Brawijaya, Pangkoarmada 2 dan Kapolda
Pangdam V/Brawijaya, Pangkoarmada 2 dan Kapolda Jatim melaksanakan kunjungan ke jajaran untuk memberikan arahan kepada anggota TNI - Polri di wilayah tentang netralitas TNI-Polri pada pelaksanaan Pilkada di Jawa Timur

IM.com – Menjelang pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2020, Pangdam V/Brawijaya, Pangkoarmada 2 dan Kapolda Jatim melaksanakan kunjungan ke jajaran untuk memberikan arahan kepada anggota TNI – Polri di wilayah tentang netralitas TNI-Polri pada pelaksanaan Pilkada di Jawa Timur. Kegiatan tersebut dimulai dari wilayah Kabupaten Tuban dan Lamongan, Senin (09/11/2020).

Di kedua wilayah tersebut Panglima Kodam V/Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto memberikan arahan kepada Prajurit TNI dan anggota Polres setempat bahwa TNI – Polri tidak boleh menjadi komponen Bangsa yang eksklusif, tetapi harus selalu manunggal dengan Rakyat serta TNI dan Polri harus mengetahui batasan-batasan yang boleh dan yang tidak boleh dilakukan selama tahapan pesta demokrasi berlangsung.

“Perlu saya tegaskan sekali lagi bahwa TNI dan Polri harus netral, tidak memihak salah satu calon serta tidak terlibat kegiatan politik praktis dalam bentuk apapun. Citra positif yang telah kita bangun bersama dengan susah payah harus kita jaga dan kita pelihara,” ujar Pangdam.

Pangko Armada 2, Laksamana Muda TNI ING Sudihartawan S.PI. M.M, dalam sambutannya mengatakan, ” Dengan bekal pengalaman dalam pelaksanaan Pilkada, Pilleg maupun Pilpres tahun-tahun sebelumnya, saya percaya bahwa TNI – Polri akan dapat menjaga netralitasnya sehingga dalam  pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2020 tidak ada pelanggaran – pelanggaran tentang netralitas TNI. Oleh sebab itu, jangan kita terbuai janji manis oleh salah satu calon atau tim sukses calon maupun Partai Politik sehingga kita mengalahkan tugas dan tanggung jawab kita sebagai aparat pemerintah.”


Sementara itu Kapolda Jatim Irjen Pol Dr. M. Fadil Imran, M.Si menyampaikan,” saya berharap  dengan sinergitas TNI-Polri dapat menciptakan Kamtibmas agar seluruh tahapan Pilkada serentak tahun 2020 dapat berjalan lancar dan aman.   Mewujudkan keamanan dan kekondusifan di daerah merupakan tanggung jawab kita bersama.”

Pada kesempatan yang sama, Danrem 082/CPYJ  menyampaikan, “saya tegaskan dan tekankan kepada seluruh Prajurit Kodim yang ada dijajaran Korem 082/CPYJ untuk mempedomani apa yang telah disampaikan oleh Pangdam V/Brawijaya, dan saya akan selalu memerintahkan para Dandim Jajaran terutama yang wilayahnya akan melaksanakan Pilkada untuk selalu menjaga netralitas sesuai komitmen TNI.”

Hadir dalam kegiatan tersebut, Danrem 082/CPYJ, Para Asisten Kasdam V/Brw,  Forkopimda Tuban dan Forkopimda Lamongan. (penrem 082)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here