Peta sebaran Covid-19 yang dirilis infocovid19.jatimprov.go.id per Rabu (2/6/2021).

IM.com – Peta penyebaran Covid-19 di Kabupaten Mojokerto kembali naik ke zona oranye. Status ini menyusul meningkatnya jumlah kasus corona.

Per Rabu (2/6/2021), jumlah pasien Covid-19 aktif di Kabupaten Mojokerto sebanyak 53 orang. Dua daerah lain yang juga naik status dari zona kuning ke oranye adalah Kabupaten Lamongan dan Tuban.

“Tiga daerah yang sebelumnya zona kuning, kemudian berubah menjadi zona oranye yakni Kabupaten Mojokerto, Lamongan, dan Tuban,” kata Jubir Satgas Covid-19 Jatim, Makhyan Jibril, Rabu (2/6/2021).

Menurut Jibril, meningkatnya kasus covid-19 di tiga daerah itu terjadi karena masyarakat mulai cendrung abai dalam menjaga prokes. Meski kasus covid-19 cukup terkendali, Jibril tetap mengingatkan masyarakat waspada, mengingat wabah belum berakhir.

“Kami mengimbau kepada masyarakat agar terus waspada, jangan sampai lengah, karena covid-19 masih ada dan belum berakhir,” kata Jibril.

Dengan demikian, jumlah daerah yang sebelumnya ada di zona kuning berkurang menjadi 12 daerah. Meski begitu, lanjut Jibril, secara keseluruhan kasus Covid-19 di Jatim mengalami penurunan.

Penambahan kasus positif covid-19 di Jawa Timur masih tinggi. Bertambahnya kasus Covid-19 ini seiring berkurangnya daerah di Jatim yang berstatus zona kuning, dari 15 menjadi 12 kabupaten/kota.

Penurunan kasus terjadi seiring turunnya angka kasus harian. Sampai Rabu (2/6/2021), kasus Covid-19 aktif di Jatim mencapai 1.782 kasus, 141.867 pasien sembuh, dan 11.357 pasien covid-19 meninggal dunia.

“Kasus covid-19 di Jatim ada penurunan sedikit, dari biasanya penambahan kasus sekitar 200-250 per hari. Sekarang kasus baru ada sekitar 200-225,” katanya.

Adapun 12 daerah zona kuning itu, yakni Kabupaten Bangkalan, Sumenep, Sampang, Pamekasan, Probolinggo, Bondowoso, Lumajang, Jember, Bojonegoro, Pasuruan, Kota Pasuruan, dan Kota Probolinggo. Sebelumnya ada 15 daerah di Jatim zona kuning, tepatnya dua pekan setelah lebaran yakni Rabu, 26 Mei 2021. (im)

Berikut zonasi di 38 Kabupaten/Kota Jatim:

– Zona Merah (0 Kabupaten/Kota)

– Zona Oranye (26 Kabupaten/Kota)
Kota Mojokerto, Kota Surabaya, Kota Kediri, Sidoarjo, Kabupaten Madiun, Kota Malang, Nganjuk, Ngawi, Kota Batu, Trenggalek, Ponorogo, Magetan, Kota Blitar, Kabupaten Blitar, Kota Madiun, Pacitan, Tulungagung, Gresik, Banyuwangi, Situbondo, Jombang, Kabupaten Kediri, Kabupaten Malang, Lamongan, Tuban, Kabupaten Mojokerto.

– Zona Kuning (12 Kabupaten/Kota)
Pamekasan, Kabupaten Probolinggo, Bondowoso, Sampang, Sumenep, Lumajang, Bangkalan, Jember, Bojonegoro, Kota Probolinggo, Kota Pasuruan, Kabupaten Pasuruan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here