Bupati Ikfina Fahmawati didampingi Kepala Disparpora Amat Susilo dalam acara Temu Budaya Tahun 2021 Kabupaten Mojokerto di Wisata Bumi Mulyo Mojapahit, Desa Randu Genengan, Kecamatan Dlanggu, Rabu (16/6/2021) sore.

IM.com – Pemerintah Kabupaten Mojokerto membatasi kegiatan masyarakat di semua bidang, termasuk seni dan budaya. Karena itu, Bupati Ikfina Fahmawati menekankan pentingnya usaha dan kesabaran dalam menjalani aktivitas di tengah pandemi Covid-19.

Menurut Ikfina, dua prinsip itu sesuai instruksi Presiden Joko Widodo dalam membatasi kegiatan masyarakat untuk menanggulangi pandemi Covid-19. Sebab, angka penyebaran coronavirus saat ini tercatat melonjak tajam secara nasional maupun di Jawa Timur.

“Saat ini Jatim mengalami lonjakan Covid cukup tajam dari kasus di beberapa wilayah. Sehingga kegiatan masyarakat, termasuk di bidang senin dan budaya  terpaksa dilakukan pembatasan,” kata Bupati Ikfina di hadapan 45 orang budayawan dan seniman, pada acara Temu Budaya Tahun 2021 Kabupaten Mojokerto. Acara ini digelar Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahragra di Wisata Bumi Mulyo Mojapahit, Desa Randu Genengan, Kecamatan Dlanggu, Rabu (16/6/2021) sore.

Ikfina menjelaskan, isntruksi Presiden terkait pengendalian Covid-19 dengan prinsip gas dan rem sangat tepat. Ia menguraikan, prinsip gas dipakai untuk menggenjot kegiatan yang dapat memulihkan perekonomian dan sebagainya.


“Kita juga harus selalu siap menggunakan rem jika terjadi kenaikan angka Covid-19. Jadi saya mohon dukungan dan kerjasama, agar kenaikan ini segera landai dengan terus koordinasi pengetatan prokes,” terangnya.

Kepala Disaparpora Amat Susilo dalam sambutannya memaparkan beberapa program kegiatan yang dimasukkan dalam RPJMD. Antara lain pengembangan kebudayaan, kesenian tradisional, pelestarian pengelolaan cagar budaya, pengembangan ekonomi kreatif dan lainnya.

“Seperti tahun-tahun sebelumnya, kita seharusnya sudah mulai persiapan Mangesti Suro. Namun karena masih pandemi, kita akan sesuaikan,” kata Amat.

Kegiatan temu budaya ini juga diisi dengan ceramah budaya oleh Ki Djati Kusumo dengan tema “Menyongsong Hidupnya Surya Mandala Majapahit dengan Spirit Jamus Kalimasada”.dalam kesempatan itu, Bupati Ikfina tak lupa menilik kebun coklat yang ada di Wisata Desa Bumi Mulyo Mojapahit. (im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here