IM.com – Banyak cara dilakukan untuk mempertahankan imunitas tubuh kita, mulai dari mengkonsumsi makanan bergizi, istirahan cukup, olahraga dan lain sebagainya. Cara lain untuk mempertahankan sistem imun atau daya tahan tubuh kita adalah dengan cara berjemur diri di bawah sinar matahari. Seperti yang dilakukan oleh seluruh prajurit dan PNS Korem 082/ CPYJ mereka melakukan berjemur dibawah sinar matahari langsung bertempat di Lapangan Apel Makorem
Rabu ( 28/07/2021).

Kepala Penerangan Korem 082/ CPYJ Mayor Caj Supranoto menuturkan bahwa melihat tingginya kasus Covid-19 di Kota Mojokerto, pihaknya berinisiatif untuk melakukan kegiatan berjemur di bawah sinar matahari yang dilakukan sekitar pukul 09.00 – 09.15 wib. “Ini merupakan inisiasi dari seluruh Prajurit dan PNS Makorem yang dipimpin oleh Kepala Seksi Personel Mayor Inf Binsar Julianto Simanjuntak. Sebelumnya kegiatan semacam ini sudah kami lakukan pada saat apel, sehingga tidak mengganggu jam Dinas Prajurit dan PNS Makorem ,” ungkap ” Kapenrem”.

Meskipun tidak dapat membunuh virus, namun aktivitas berjemur di bawah matahari memiliki banyak manfaat. “Berjemur di bawah sinar matahari manfaatnya banyak. Salah satunya meningkatkan pembentukan imun tubuh. Selain itu, dengan berjemur di bawah sinar matahari, tubuh yang terpapar bisa mendukung pembentukkan sel darah putih dan masih banyak manfaat yang lain,” imbuh Mayor Supranoto.

Kapenrem juga menyarankan agar masyarakat dapat melakukan hal yang sama di rumah maupun di kantor. Tidak hanya itu, untuk memenuhi kebutuhan gizi dapat dilakukan dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi dan seimbang. “Sudah kami sampaikan melalui grup Whatsapp seluruh Penerangan Kodim Jajaran, kami sebarkan dan ajak masyarakat untuk meluangkan waktu berjemur dan melakukan 5M yaitu mencuci tangan dengan sabun , menggunakan masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan serta membatasi mobilitas. Konsumsi makanan bergizi juga harus dilakukan untuk mendapatkan asupan vitamin,” papar Kapen.


Ditambahkan oleh Dantim Hubrem Letda Chb Slamet Purwanto bahwa kegiatan berjemur ini sebagai wujud keprihatinan terhadap meningkatnya kasus Covid-19. Menurutnya, dengan melakukan aktivitas berjemur atau berjalan di bawah sinar matahari maupun rutin berolahraga dapat meningkatkan daya tahan tubuh. “Beberapa hari yang lalu dan ke depan, Prajurit dan PNS makorem mengikuti tes swab dan hasilnya menunjukan beberapa positif Covid-19. Melihat hal tersebut, saya pikir dengan berjemur dan mengkonsumsi makanan bergizi dapat meningkatkan imun. Olahraga memang harus dipaksa agar terbiasa,” tandas Slamet. ( Penrem CPYJ).

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here