Tempat santai di alam terbuka yang dilengkapi sejumlah wahana permainan anak-anak maupun pemicu adrenalin menjadi daya tarik wisata di Claket Adventure Park, di Kecamatan pacet, Kabupaten Mojokerto.

IM.com – Claket Adventure Park (CAP) resmi dibuka kembali mulai Minggu (19/9/2021) lalu. Destinasi wisata di Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto itu bahkan telah memperoleh izin ujicoba protokol kesehatan dan penggunaan aplikasi PeduliLindungi dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparkeraf) RI.

Izin ujicoba protokol kesehatan dan aplikasi PeduliLindungi dari Kemenparkeraf RI nomor 177/SRT/DIR.INDUSTRI/IX/2021 terbit pada Jumat (17/9/2021). Claket Adventure Park (CAP) termasuk di antara 20 tempat wisata se-Jawa Bali –lima di Jawa Timur- yang memperoleh izin tersebut.

“QR scan code PeduliLindungi sudah kami ujicobakan ke pengunjung. Hasilnya ada sekitar 20 tamu yang belum vaksinasi, terpaksa kami kembalikan (dilarang masuk),” kata pengelola CAP, Febriyanti, Selasa (21/9/2021).

Febriyanti mengatakan, sejak diterapkannya pemeriksaan bebas Covid-19 melalui kartu vaksinasi dan aplikasi PeduliLindungi, sangat sedikit pengunjung yang lolos dan kemudian diperbolehkan masuk ke CAP. Menurutnya, rata-rata mereka yang diperbolehkan masuk juga bukan melalui scan barcode aplkasi melainkan dengan menunjukkan kartu vaksin.


“Masih banyak keluhan terkait penerapan dan pembatasan ini,” ujar Febriyanti.

Febriyanti mengakui, pelaksanaan aturan dari Kemenparkeraf ini belum sepenuhnya berjalan mulus karena terkait fasilitas koneksi internet. Menurutnya, hal itu menjadi kendala di lapangan ketika melakukan scan barcode aplikasi PeduliLindungi milik pengunjung.

“Jadi kami hanya menulis nama dan KTP dikarenakan rata2 sinyalnya susah menggunakan kartu XL atau Indosat karena tidak memiliki sinyal di lokasi. Kami juga menyiapkan akses Wi-Fi di lokasi, tapi masih terkendala juga karena Indihome sedang mengalami gangguan,” tandasnya.

Meski demikian, CAP tetap menjalankan aturan scan code PeduliLindungi dan kartu vaksinasi secara ketat. Bahkan menurut Febriyanti, beberapa anggota DPD Ajang Silaturrahmi Pariwisata Indonesia (ASIPA) Jawa Timur dan DPP Insan Pariwisata Indonesia (IPI) yang sempat berkunjung ke tempat wisata tersebut juga tidak bisa masuk karena belum tervaksin.

“Tetap semangat, semoga keadaan semakin membaik sehingga masyarakat bisa kembali bebas melakukan liburan dan wisata dengan aman dan tentu saja sehat,” tuturnya.

Claket Adventure Park merupakan destinasi wisata di Desa Claket, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto. Tenpat wisata ini menyuguhkan panorama alam yang memanjakan mata serta berbagai wahana yang memicu adrenalin.

Selain itu, ada banyak spot foto yang cantik dan instagramable. Antara lain pengunjung bisa berfoto di atas panggung kayu berlatar hutan belantara Hammock, Undak Wolu dan selfie di Lembah Cinta. Ada juga zipline, zipbike, labirin, tenda langit, rumah sarang, dan masih banyak lainnya. (im)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here