Dirbinmas Polda Jatim Kombes Pol I. Rosadi memimpin apel Bhabinkamtibmas di Lapangan Gajah Mada Mapolresta Mojokerto, Selasa (2/11/2021) sore.

IM.com – Dirbinmas Polda Jawa Timur melaksanakan evaluasi tugas Bhabinkamtibmas Polresta Mojokerto di masa Pandemi Covid-19. Kegiatan ini guna mengoptimalikan kinerja polisi dalam melakukan pembinaan dan membantu masyarakat desa.

Apel Bhabinkantibmas dipimpin oleh Dirbinmas dan diwakili Wadirbinmas Polda Jatim, AKBP Kamal Bahtiar didampingi Kapolresta Mojokerto AKBP Rofiq Ripto Himawan di Lapangan Maha Patih Gajah Mada Mapolresta Mojokerto, Selasa (2/10/2021) sore. Kegiatan ini diikuti seluruh personel Bhabinkantibmas di wilayah hukum Polresta Mojokerto.

“Ada 86 anggota Bhabinkantibmas yang bertugas di seluruh desa dan kelurahan di wilayah hukum Polresta Mojokerto,” kata Kapolresta Mojokerto, AKBP Rofiq Ripto Himawan.

Dalam tatap muka di Aula Prabu Hayam Wuruk, Dirbinmas Polda Jatim Kombes Pol I. Rosadi menambahkan petugas Bhabibkamtibmas harus responsif dan memiliki sensitifitas tinggi. Artinya mereka memiliki sikap cepat tanggap terhadap kondisi masyarakat dan selalu siap menghadapi segala situasi.


“Kita datangi, sapa dan layani masyarakat, kondisi apa yang menjadi keluh di desa binaan kita. Selain itu, sudah tidak jamannya bhabinkamtibmas memakai tas slempang samping karena tidak cukup, pakailah ransel besar untuk di isi beberapa peralatan yang urgent guna bisa kita pergunakan saat turun ke desa,” tukas Kombes Pol I. Rosadi.

Tatap Muka Dirbinmas Bersama Bhabimkamtibmas ini dalam rangka Evaluasi kinerja dan peningkatan kapasitas Bhabinkamtibmas guna mengawal masyarakat Jawa Timur dari masa pandemi menuju Endemi Covid-19 dengan menggelar pelatihan Binmas Online System Versi 2.0 (BOS V2)

“Dalam penggunaan aplikasi Binmas Online System V2 ( BOS V2 ) gunakan Keywords dalam pelaporan informasi untuk melaporkan info yang penting daerah binaan untuk memudahkan pencarian pimpinan dalam mengambil kebijakan, serta penulisan pelaporan harus jelas dan tepat sasaran yang dimaksud,” pinta Dirbinmas Polda Jatim kepada Bhabinkamtibmas

“Sebagai Polisi yang Bertugas di Bhabinkamtibas jangan lupa selalu Mencatat, karena Sejatinya Bhabinkamtibmas Adalah Ujung Tombak sebagai Mata dan Telinga Pimpinan Seperti Fungsi Intelkam Namun Dalam Suatu Wilayah Binaan dan selanjutnya diaplikasikan di aplikasi Binmas Online System V2 (BOS V2),” imbuhnya.

Wadir Binmas Polda Jatim AKBP Kamal Bahtiar dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan evaluasi dan optimalisasi ini penting sebagai konsolidasi penugasan Bhabinkantibmas. Hal ini mengingat polisi pembina masyarakat desa mengembang tugas yang sangat banyak.

Kamal menyebutkan, tugas Bhabinkamtibmas antara lain  membantu pencegahan penyebaran Covid-19, membantu tenaga kesehatan. Ada juga pekerjaan lain seperti pendataan dan pemberian BTPKLW (Bantuan Tunai Pedagang Kaki Lima dan Warung) di Kota Mojokerto.

“Alhamdulillah di Jawa Timur, bahkan khusus Mojokerto Kota, penyaluran BTPKLW itu sudah terealisasi semua sesuai dengan data yang diterima,” katanya.

Untuk tugas penanggulangan penyebaran Covid-19, Wadir Binmas mengharapkan Bhabinkantibmas tetap melaksanakan sosialisasi secara rutin dan masif. Antara lain dengan memberikan edukasi dan penyuluhan antisipasi penyebaran coronavirus, khususnya di daerah yang ramai dikunjungi masyarakat.

“Bhabinkamtibmas sebagai ujung tombak, memang untuk PPKM levelnya sudah bagus, namun jangan sampai kita lupa terutama tempat yang sering dikunjungi masyarakat. Tetap protokol kesehatan, semua pihak kita harap ikut membantu kebijakan pemerintah,” jelasnya.

Ia juga menyebut Bhabinkantibmas untuk terus menjaga attitude atau sikap dalam bekerja. Jangan sampai masyarakat antipati terhadap polisi, jangan sampai anggota melakukan hal-hal yang mencoreng.

“Bhabinkantibmas adalah sebagai contoh dan teladan di masyarakat, untuk itu harus betul-betul memberikan teladan kepada masyarakat, agar kita mendapatkan simpati masyarakat, karena masyarakat juga mitra kita juga dalam membantu menjaga Kantibmas di lapangan, yang khususnya di lingkungan masing-masing,” terangnya. (im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here