Rapat finalisasi persiapan Festival Mojotirto dan Grand Launching MPP Gajah Mada yang dipimpin Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ruby Hartoyo dan diikuti oleh Kepala OPD, perwakilan dari Kodim 0815/Mojokerto dan Polresta Mojokerto serta dari DKD, PODSI dan Museum Gubug Wayang, Kamis (17/3/2022).

IM.com – Pemerintah Kota Mojokerto terus mematangkan persiapan gelaran Festival Mojotirto dan Grand Launching Mall Pelayanan Publik (MP) Gajah Mada pada 22 Maret 2022 pekan depan. Rapat koordinasi terakhir membahas sinergi semua pihak guna kesuksesan dua acara tersebut.

Sinergitas banyak pihak sangat dibutuhkan mengingat acara festival bertajuk ‘Umbul Dungo Mojotrito’ melibatkan lintas lembaga dan bidang. Sebagai kota yang mengembangkan pariwisata berbasis sejarah dan budaya, sejumlah organisasi elemen kebudayaan dan kesenian akan terlibat dalam rangkaian kegiatan ini.

Mulai dari peserta kirab yang terdiri dari Prajurit Bregodo, Prajurit Mojopahit, serta penari bedoyo putri kusumo dan penari jurit sandi. (Baca: Festival Mojotirto Akan Dimeriahkan Kirab Budaya dan Kesenian).

Sinergi para pihak yang terlibat inilah yang menjadi agenda rapat koordinasi akhir yang dipimpin Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ruby Hartoyo dan diikuti oleh Kepala OPD, perwakilan dari Kodim 0815/Mojokerto dan Polresta Mojokerto serta dari DKD, PODSI dan Museum Gubug Wayang, Kamis (17/3/2022).


“Disamping untuk memastikan susunan acara, dalam rapat ini juga dibahas kesiapan dari masing-masing sektor, serta kelengkapan sarana prasarana. Karena sebagai sebuah program keroyokan (cross cutting) Mojotirto Festival tentu kesuksesannya dibutuhkan sinergi semua pihak,” ujar Kepala Diskominfo Kota Mojokerto Santi Ratnaning Tias.

Sesuai arahan Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari, gelaran Festival Mojotirto ini juga mengusung misi nguri-nguri budaya. Hal ini tercermin dengan ditampilkannya permainan tradisional seperti semprengan, permainan tali, sonda, dakon dan bekelan serta penampilan karawitan.

Disamping melakukan membahas finalisasi persiapan Mojotrito, agenda rapat juga berkoordinasi dengan pihak Kementerian PAN RB secara virtual melalui zoom meeting yang berlangsung di ruang Sekretaris Daerah. Rapat ini terkait kesiapan Grand Launching MPP Gajah Mada yang akan diresmikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo.

“Untuk memastikan kesiapan seluruh pengisi acara, juga akan dilakukan gladi resik dan gladi kotor yaitu pada hari Jumat 18 Maret dan Senin 20 Maret 2022,” tutup Santi. (im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here