Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari menerima kedatangan rombongan BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur di Rumah Rakyat, Rabu (23/3/2-2022).

IM.com – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) melaksanakan Entry Meeting dalam rangka memulai pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kota Mojokerto Tahun Anggaran (TA) 2021. Perwakilan BPK Provinsi Jawa Timur datang ke Rumah Rakyat Kota Mojokerto, Rabu (23/3/2022).

Kedatangan rombongan BPK disambut Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari. Wali Kota menyatakan siap dan mengajak segenap perangkat daerah dalam pemerintahannya untuk bersikap kooperatif.

“Ini kan memang sudah kewajiban, tidak bisa dipisahkan dari proses tata kelola pemerintahan. Tujuannya baik, agar pengelolaan anggaran dapat dipertanggungjawabkan dan semakin baik,” ujarnya.

Entry Meeting menjadi tahap permulaan penting yang dapat mempengaruhi keberhasilan dan kelancaran pelaksanaan pemeriksaan. Forum tersebut bertujuan untuk menjalin komunikasi awal antara tim pemeriksa BPK dengan pihak Pemkot Mojokerto. Sehingga diharapkan terwujud kesamaan persepsi terhadap pelaksanaan pemeriksaan.


Rencananya pemeriksaan akan dilakukan selama 28 hari ke depan, dengan diikuti oleh seluruh OPD di pemerintahan Kota Mojokerto. Pemeriksaan pengelolaan keuangan ini didasarkan pada empat kriteria, yakni kesesuain laporan keuangan dengan Standar Akutansi Pemerintahan (SAP), kecukupan pengungkapan, kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, dan efektivitas sistem pengendalian intern.
Selain Wali Kota, dari pihak Pemkot Mojokerto juga hadir Sekretaris Daerah, Kepala Inspektorat Kota Mojokerta beserta jajarannya. (im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here