Peserta Sosialisasi Statistik Sektoral dan Romantik Online yang digelar Diskominfo Kota Mojokerto.

IM.com – Data statistik yang akurat, kualitas, up to date menjadi faktor penting dalam proses perencanaan, pelaksanaan, pengendalian dan evaluasi  pembangunan. Oleh karena itu, Pemerintah Kota Mojokerto menggelar Sosialisasi Statistik Sektoral dan Romantik Online agar setiap pembangunan dapat dipertanggungjawabkan.

Sosialisasi digelar Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), Selasa (29/3/2022). Kegiatan ini berdasar Perwali No.81 Tahun 2021 tentang Satu Data Kota Mojokerto, terdapat pasal-pasal yang mengatur tugas masing-masing Penyelenggara Satu Data yang terdiri dari Koordinator (Bappeda Litbang), Walidata (Diskominfo) dan Pembina (BPS Kota Mojokerto), serta Walidata Pendukung (OPD yang dibantu sungram atau pejabat yang mengolah dan produsen data di masing-masing Bidang).

“Semua komponen harus bersinergi agar terwujud Satu Data Kota Mojokerto. Maka kami harapkan semua OPD untuk up date secara periode data pada Portal Satikomo. Hal ini apabila kota,kabupaten, provinsi dan pusat juga sama-sama sudah Satu Data, nanti akan terwujud Satu Data Indonesia,” ujar Gaguk Tri Prasetyo.

Gaguk menambahkan, keseriusan untuk menghasilkan dan mengelola data berkualitas semakin dibutuhkan terlebih Kota Mojokerto telah memiliki Satikomo (satu data informasi Kota Mojokerto).


“Saat ini memang kita sudah punya Satikomo. Ini perlu untuk dipastikan keberlanjutannya, dipelihara dan dirawat dengan baik. Jangan setelah dibuat aplikasi, ketika dibuka datanya ternyata tidak update atau bahkan kosong datanya” ungkap Sekda Kota Mojokerto tersebut.

Forum yang digelar di Pendopo Sabha Mandala Tama Balai Kota Mojokerto tersebut juga menghadirkan Artatias Simanjuntak, ahli muda pranata komputer BPS Kota Mojokerto serta Hasta Priyangga, sekretaris Diskominfo Kota Mojokerto.
Peserta terdiri dari para kabag penyusunan program setiap OPD serta sekretaris kelurahan se-Kota Mojokerto.

“Saya harap berbagai informasi yang diterima hari ini diteruskan kepada pimpinan masing-masing. Tidak hanya berhenti di panjenengan saja,” tuturnya.

Perlu diketahui, tahun 2021 Satikomo dinyatakan sebagai portal pertama Se-Jatim yang sudah terintegrasi dengan Portal Satu data Indonesia (data.go.id), di antara 806 dataset yang sudah diunggah ke Portal Satu Data Indonesia by system.

“Kami harapkan kedepan semua Perangkat Daerah terus bersemangat untuk up date data sesuai prinsip satu data, yang nantinya akan sangat bermanfaat dalam perencanaan dan pengambilan kebijakan di Pemerintah Kota Mojokerto,” ujar Sub Koordinasi Pengelolaan Data dan Statistik, Noor’Ainy. (im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here