Mobil operasional Rescue yang disiagakan ASTRA Tol selama arus mudik lebaran 2022 di ruas tol Surabaya-Mojokerto (Sumo).

IM.com – Menyambut arus mudik Lebaran2022, ASTRA Tol meningkatkan fasilitas dan layanan menyambut di sejumlah ruas jalan tol. Penambahan Variable Message Sign (VMS) dan mobile reader termasuk di dalamnya.

Variable Message Sign (VMS) yang berfungsi untuk menyampaikan informasi kepada pengguna jalan berupa informasi kondisi lalu lintas yang terintegrasi google maps dan informasi lainnya. Fasilitas ini kini tersedia di Tol Surabaya-Mojokerto (Sumo).

Selain VMS, ASTRA Tol juga memasang 47 buah CCTV yang berfungsi untuk monitoring kondisi lalu lintas secara real time, 3 GPS pada Kendaraan Mobile Customer Service (MCS) yaitu (2 MCS dan 1 MCSS). Serta 12 Kendaraan Operasional yang terdiri dari 2 Ambulance, 1 Rescue, 3 Kendaraan MCS, 3 Derek, 1 kendaraan teknisi dan 3 Mobil Patroli (PJR).

Sementara di ruas Tol Jombang-Mojokerto (Jomo), ASTRA Tol menambah mobile reader yang menunjang kelancaran transaksi tol ketika terjadi  kepadatan di gerbang tol. Hal ini guna mengantisipasi lonjakan lalu lintas pada momen lebaran tahun ini.


Selanjutnya, pengelola Tol Jomo menyiapkan tambahan toilet portable pada seluruh rest area di ruas tol sepanjang 40,5 km tersebut. Yakni di KM 678 A, KM 678 B ‘Teras Dipa’, KM 695 A ‘Teras Melati’ dan KM 695 B. Ada juga penambahan kapasitas tempat ibadah pada rest area di KM 678 A dan KM 695 B.

Tidak hanya itu, ASTRA Tol Jombang-Mojokerto menyiapkan bengkel siaga lebaran dan Pertashop pada yang terletak pada rest area KM 695 A dan KM 678 B. Pengguna jalan juga dapat memanfaatkan layanan cek dan tekanan angin self service gratis pada rest area tersebut agar selalu aman berkendara.

Layanan lalu lintas jalan tol juga disiagakan 24/7, terdiri dari 3 mobil patroli, 1 mobil rescue, 2 ambulance dengan perlengkapan medis lengkap, serta 4 mobil derek juga satuan PJR dari kepolisian. Petugas layanan jalan tol seperti petugas keamanan dan kebersihan juga ditambah agar operasional jalan tol dapat berjalan dengan baik.

ASTRA Tol Jombang-Mojokerto terus melakukan kampanye keselamatan berlalu-lintas, diantaranya dengan virtual talk show bersama komunitas dan safety instructor juga membagikan 2000 flyer berisi pesan keselamatan dan healthy kit pada pengguna jalan di rest area dan gerbang tol. Pengguna jalan dapat berkendara dengan tenang dan aman karena tol Jombang-Mojokerto dilengkapi dengan 125 CCTV, baik di jalur tol, rest area maupun gerbang tol.

Segala pekerjaan perbaikan jalan tol juga dipastikan tidak ada mulai H-10 hingga H+10 lebaran. Unit perambuan dan penerangan jalan juga dipastikan dalam kondisi baik dan berfungsi untuk menunjang keamanan pengguna jalan. (im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here