Kepala Dinsos P3A (Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak) Choirul Anwar memberangkatkan penyaluran bansos ke rumah warga penerima di halaman Rumah Rakyat Kota Mojokerto.

IM.com – Pemerintah Kota Mojokerto kembali mencairkan bantuan sosial (bansos) dari APBD Tahun 2022. Kali ini, bantuan diserahkan langsung ke rumah penerima yakni sebanyak 1.023 warga lanjut usia (lansia) yang kurang mampu.

Penyaluran bantuan secara home visit ke masing-masing alamat lansia penerima oleh petugas kantor pos dilaksanakan mulai, Jumat (22/4/2022). Adapun para lansia penerima bansos ini adalah mereka yang tidak termasuk dalam data PKH (Program Keluarga Harapan) milik Kementrian Sosial.

Jumlah tersebut berdasarkan usulan by name by address pada tahun 2021 yang telah diverifikasi oleh petugas lapangan Dinsos P3A, termasuk TKSK dan surveyor.

“Bansos kali ini disalurkan 22-26 April, secara bertahap kepada 1023 lansia, bekerja sama dengan Pos Indonesia cabang Mojokerto,” ujar Kepala Dinsos P3A (Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak) Choirul Anwar dalam apel pemberangkatan penyaluran bansos di halaman Rumah Rakyat Kota Mojokerto.


Setiap lansia akan menerima uang tunai senilai 500 ribu rupiah. “Harapannya tentu agar bantuan ini bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh para lansia kurang mampu, terutana dalam rangka memenuhi kebutuhan bahan pangan mereka,” ujar Anwar.

Berdasarkan keterangan Kepala Kantor Pos Indonesia Cabang Mojokerto, Giri Andika, pihaknya, akan menerjunkan 16 petugas untuk membantu pengirinan bansos tersebut kerumah masing-masing lansia penerima. Ia juga menyebutkan bahwa kerjasama ini telah dilakukan sejak 4 tahun silam.

“Selama ini tidak ada kendala berarti. Jika ada lokasi yang kurang jelas biasa dikomunikasikan dengan TKSK atau aparat desa setempat,” ungkapnya. (im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here