Bupati Ikfina Fahmawati bersama para ratusan bimbingan teknis (Bimtek) Penyelenggaraan PAUD Holistik Integratif tahun 2022, Senin (29/8/2022).

IM.com – Dinas Pendidikan (Dindik) Kabupaten Mojokerto menggelar bimbingan teknis (Bimtek) Penyelenggaraan PAUD Holistik Integratif tahun 2022. Dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini.

Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati memberikan paparan kepada 110 peserta dari guru PAUD se-Kecamatan dalam Bimtek di Aula Dinas Pendidikan, Senin (29/8/2022). Ia menjelaskan, pada saat ini peningkatan kualitas SDM menjadi salah satu prioritas program pemerintah pusat.

Menurut Ikfina, langkah untuk memenuhi kebutuhan anak-anak secara keseluruhan dan terintegrasi (holistik integratif) adalah bagian dari upaya meningkatkan kualitas SDM bangsa. Hal itu juga sejalan dengan program revolusi mental yang dicanangkan Presiden Jokowi.

“Maka disitulah mereka akan menjadi sumber-sumber calon-calon yang sangat berkualitas,” kata Ikfina.


Untuk menyukseskan penyelenggaraan PAUD HI di Kabupaten Mojokerto, Ikfina menjelaskan, harus dilakukan pemilahan terhadap 90.438 anak usia dini. Hal itu dilakukan untuk mengetahui sudah sejauh mana anak-anak mendapatkan pelayanan pendidikan usia dini yang HI secara keseluruhan dan berkualitas.

Menurut Ikfina, memastikan layanan pendidikan PAUD HI yang berkualitas merupakan langkah untuk menjamin terpenuhinya hak tumbuh kembang anak usia dini. Selain aspek kesehatan, gizi, perawatan, pengasuhan, serta perlindungan dan kesejahteraan.

“Kalau kita bicara terkait kesejahteraan anak, berarti ini kita tidak lepas dari bagaimana kemampuan orang tuanya, keluarganya untuk memenuhi kebutuhannya terutama secara fisik,” jelasnya.

Selain itu, agar program PAUD HI bisa berjalan dengan sukses, Ikfina meminta agar terus melakukan monitoring dan evaluasi. Sebab, program tersebut harus dilaksanakan secara bertahap.

“Maka Kalau kita tidak melakukan monitoring dan evaluasi maka tidak akan naik jenjangnya,” pungkasnya. (im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here