Raisin Band SMA Negeri 1 Mojosari tampil urutan 8 di Maja School Festival 2022

IM.com – Sebanyak 10 grup band pelajar dan mahasiswa tampil di ajang Maja School Festival tahun 2022 yang digelar Dinas Kebudayaan, Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disbudporapar) Kabupaten Mojokerto. Pemenang akan mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp 4 juta plus trofi.

Maja School Festival 2022 digelar di Gedung Graha Nuswantara, Universitas Islam Mojopahit (UNIM) Jalan Raya Jabon, Mojokerto, Sabtu (3/12/2022).

“Event ini sebagai ajang untuk memfasilitasi kreatifitas dan karya dari bibit-bibit musisi muda di Kabupaten Mojokerto,” kata Antor Subendi ST Kabid Pariwisata Disbudporapar Kabupaten Mojokerto.

Saku Band koloborasi pelajar SMAN 1 dan SMAN 2 Kota Mojokerto tampil di Maja School Festival 2022

Ajang ini semula diikuti 20 grup band, tetapi setelah proses kurasi, hanya 10 band yang lolos tampil di puncak acara Maja School Festival. Yaitu Hend Sick, Three Suwa Hung, De Worengku Band, D’Zull Band, Xahegone, Krucil, Castle Band, Mr Doc, Saku Band (gabungan pelajar SMA 1 dan SMA 2 Kota Mojokerto) lalu Raisin Band SMAN 1 Mojosari.


Adapun dewan juri diampu oleh Music Director Global Radio Surabaya yang juga Media Relation/Promotion for Artists, Dido Saputra; Musicolog, Aji Kelana dan musisi senior asal Mojokerto Wiwien Herdyanto.

“Para peserta adalah siswa SMA dan mahasiswa asli daerah Kabupaten Mojokerto. Setiap peserta membawakan dua lagu, karya sendiri dan lagu pilihan, semua genre (bebas), waktunya masing-masing 20 menit,” ujarnya.

Dari 10 peserta dipilih tiga peringkat teratas yang bakal mendapatkan hadiah uang tunai, trofi dan piagam penghargaan. Juara 1 memperoleh hadiah Rp 4 juta, peringkat 2 Rp 3,5 juta dan tempat ketiga sebesar Rp 3 juta.

“Selain itu, lagu karya grup band peserta akan didaftarkan ke Hak kekayaan Intelektual (Haki),” ucapnya.

Ia berharap Maja School Festival menjadi sarana untuk mengasah talenta para musisi muda asal Kabupaten Mojokerto. Selain itu, kegiatan semacam ini diharapkan dapat menjauhkan para generasi muda dari aktivitas yang tidak bermanfaat, tetapi bisa memacu mereka menjadi lebih kreatif dan produktif.

“Harapan kami juga agar generasi muda ini tidak melakukan hal-hal yang tidak bermanfaat. Makanya dengan ajang kreatifitas ini bisa mengarahkan mereka ke hal-hal yang positif,” pungkasnya.

Sedangkan hasil penilaianya tim juri, lanjut Antor, tiga peringkat atas adalah De Worengku Band, Krucil dan Mr Doc. (im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here