IM.com – Setiap proses produksi olahan pangan untuk menghasilkan produk yang higienis. Oleh karena itu, dalam menambahkan bahan makanan misalnya, produsen dan pengusaha bidang makanan dan minuman (kuliner) harus mengikuti ketentuan.

Penekanan terhadap proses produksi olahan pangan yang higienis disampaikan Bupati Ikfina Fahmawati saat memberikan materi dalam agenda Pelatihan Olahan Frozen Food untuk kader PKK Kabupaten Mojokerto. Kegiatan ini diadakan di SMK Negeri 1 Dlanggu, Senin (12/12/2022).

Bupati Ikfina menyampaikan, pelatihan ini sangat bermanfaat bagi para pelaku usaha kuliner atau bisnis olahan pangan. Apalagi, materi banyak berfokus pada proses membuat frozen food, salah satu makanan basah yang mudah basi.

“Kebersihan dalam proses produksi ini sangat mempengaruhi seberapa lama expired date dari produk olahan anda semua. Jadi poin pentingnya adalah menjaga higienitas dalam proses produksi sangatlah penting,” kata Ikfina.


Selain itu, Bupati Ikfina menjelaskan, bahan-bahan yang digunakan pun dapat mempengaruhi produk olahan pangan itu sendiri. Menurutnya, kerusakan pangan bisa terdapat pada fisik dan biologis.

“Pada biologis, bahan yang anda gunakan harus benar-benar segar. Jangan sampai ada salah satu bahan yang rusak, itu dapat mempengaruhi lainnya,” jelasnya.

Bupati Ikfina berpesan, jika memang berniat konsen dalam bidang bisnis makanan, produsen juga harus memperhatikan aturan-aturan dalam menambahkan bahan makanan.

“Ada bahan-bahan tertentu yang memang penggunaannya dibatasi, anda semua harus memahami ini, jangan sampai dengan menambahkan bahan makanan ini, bisnis anda mengalami masalah,” tandasnya.

Pasalnya, lanjut Ikfina, beberapa tambahan bahan makanan tertentu memiliki takaran yang ditentukan, Ikfina mengambil contoh penggunaan pewarna makanan, penggunaannya benar-benar harus diperhatikan. Bahkan, monitoring penggunaan pewarna sangat ketat karena banyak oknum yang menggunakan bahan tidak pada semestinya.

“Banyak oknum yang memakai pewarna pakaian untuk makanan, ini dilarang. Tetapi masih banyak oknum yang melakukan itu. Seperti ini, jika diselidiki, pastinya nanti ada sanksi yang juga menyebabkan usaha anda semua terganggu,” katanya.

Pada kesempatan ini, Bupati Ikfina juga menyerahkan secara simbolis bantuan alat masak berupa panci dan blender. Dengan bantuan ini, diharapkan mampu memperlancar kader PKK yang konsen pada bisnis makanan. (im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here