Kereta Api menabrak bodi truk trailer bermuatan mobil yang tersangkut di tengah rel perlintasan KA Dusun Damarsih, Desa Kepuhanyar, Kecamatan Mojoanyar, Mojokerto, Kamis (26/1/2023) malam.

IM.com – Truk trailer dihantam kereta api di perlintasan petak Dusun Damarsih, Desa Kepuhanyar, Kecamatan Mojoanyar, Kabupaten Mojokerto, Kamis (26/1/2023) malam. Tabrakan disebabkan kendaraan bermuatan mobil tersebut terhenti saat menyeberangi perlintasan karena sasisnya tersangkut rel.

Kecelakaan terjadi Kamis (26/1/2023) sekitar pukul 20.30 WIB. Beruntung, tidak ada korban jiwa maupun luka serius dalam kecelakaan ini.

Mulanya, truk dengan nopol Truk B 9638 FEH itu berjalan dari arah utara. Setibanya di perlintasan, sasisnya tersangkut.

“Sasis tengah truk tersangkut di perlintasan. Posisi saat itu kereta api belum terlihat, masih ada di Jalan Bypass,” kata penjaga palang pintu perlintasan, Muhammad Anam (47).

Akhirnya pengemudi bersama kernetnya yang belum diketahui identitas turun untuk mendongkrak. (Lihat Detik-Detik KA Sancaka Sambar Trailer Muatan Mobil di Perlintasan Tanpa Palang Pintu Mojoanyar)

“Sopir langsung turun berniat mendongkrak,” ujar Anam. Sementara dia bersama saudaranya bergegas lari ke arah barat sejauh 200 meter untuk memberitahu masinis Kereta Api Sancaka agar menghentikan laju kereta.

Namun sebelum sasis truk berhasil didongkrak, KA yang berjalan dari arah utara sudah tiba di lokasi dan menghantam bodi tengah truk. Menurut Anam, jarak antara truk tersangkut dengan datangnya kereta sekitar 15 menit.

“Sopir mau dongkrak truk tapi keburu kereta api datang. Kondisi sopir dan kernet tidak apa-apa,” terangnya.

Beruntungnya, truk tidak sampai terpental. Hanya saja antara gerbang lokomotif dengan bodi Truk Hino menempel.

Hingga pukul 22.24 WIB, petugas gabungan dari kepolisian, teknisi PJKA, dan sejumlah relawan masih berusaha mengevakuasi kereta dan truk tersebut.  Akibatnya, arus lalu lintas terganggu. Kereta api Sancaka jurusan Jogjakarta-Surabaya itu berhenti total dan arus lalu lintas juga tersendat. (cw)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini