Bupati Ikfina Fahmawati memimpin aksi tanam 2.300 pohon dalam rangka peringatan Hari Desa Asri Nusantara dan Rimbawan ke-40 di Waduk Tanjungan, Kemlagi, Mojokerto, Selasa (21/3/2023).

IM.com – Gerakan tanam 2.300 bibit pohon serentak dilaksanakan di Wisata Waduk, Dusun Wonorejo, Desa Mojowono, Kecamatan Kemlagi, Kabupaten Mojokerto, Selasa (21/3/2023). Aksi ini untuk melestarikan alam dan lingkungan hidup.

Aksi tanam pohon bertepatan dengan Peringatan Hari Desa Asri Nusantara dan Hari Bakti ke-40 Rimbawan tahun 2023. Kegiatan dipimpin oleh Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati.

Kehadiran Bupati Ikfina di Desa Mojowono disambut dengan penampilan drumband dan tari dari SDN Mojorejo. Dalam sambutannya, Bupati Ikfina mengungkapkan, bahwa saat ini Bangsa Indonesia dihadapkan dengan berbagai permasalahan lingkungan hidup yang berdampak pada kondisi ekonomi.

“Kita setiap hari harus waspada dengan adanya kondisi inflasi, dimana kondisi fluktuasi harga pangan ini sangat mendominasi terhadap inflasi dan juga pertumbuhan ekonomi serta ketahanan pangan. Tentu ini tidak lepas dari berbagai hal yang berhubungan dengan anomali iklim kemudian kalau ditarik lagi berkaitan erat dengan berbagai kerusakan pada lingkungan hidup,” ucap Ikfina (21/3/2023) pagi.

Pada pelaksanaan aksi tanam bibit pohon tersebut, akan menanam sebanyak 500 bibit sengon, 100 bibit sirsat, 100 bibit nangka, 750 bibit mangga, 750 bibit alpukat dan 100 bibit petai.

Dalam menjaga kelestarian lingkungan, Ikfina mengimbau, kepada seluruh elemen masyarakat untuk menjaga dan memelihara pohon yang telah ditanam. Karena sebatang pohon dapat memberikan dampak pada mempertahankan kelestarian lingkungan, air, dan udara yang dapat dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat.

“Pada kegiatan penanaman pohon yang kita awali dari titik Dusun Wonorejo, Desa Mojowono, Kecamatan Kemlagi, Kabupaten Mojokerto, tentu nanti harus diikuti serentak penanaman pohon oleh seluruh desa khususnya di wilayah Kabupaten Mojokerto,” bebernya.

Ikfina mengapresiasi pada pelaksanaan kegiatan ini, karena melibatkan anak-anak sekolah dalam aksi tanam pohon serentak. Sebab hal tersebut dapat menjadi bekal generasi muda sebagai upaya untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup.

“Mudah-mudahan, kita bisa meminimalisir kerusakan-kerusakan akibat dari perbuatan kita dan menggantinya dengan berbagai kegiatan positif dan produktif, termasuk kegiatan menanam dan memelihara pohon dalam rangka menjaga kelestarian lingkungan hidup,” pungkasnya.

Pada peringatan Hari Desa Asri Nusantara dan Hari Bakti ke-40 Rimbawan tahun 2023, Bupati Ikfina juga menanam pohon secara simbolis pada aksi tanam pohon secara serentak, yang juga turut dihadiri oleh, Kepala Cabang Dinas Kehutanan Provinsi wilayah Nganjuk, Kepala BPDAS Brantas Sampean, Administratur ΚPH Jombang, Administratur KPH Mojokerto, Administratur Beserta Asper KPH Mojokerto, Kepala DPMD Kabupaten Mojokerto Yudha Akbar Prabowo, Kepala DLH Kabupaten Mojokerto Zaqqi, Forkopimca Kemlagi, dan Kepala Desa Mojowono Maretsa Ayu Widya. (im)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini