TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-116 dilaksanakan di Desa Randuharjo, Kecamatan Pungging, Kabupaten Mojokerto resmi dimulai. Dimulainya TMMD Ke-16 ini ditandai upacara pembukaan di lapangan Desa Randuharjo, Rabu (10/5-2023) pagi.

IM.com – TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-116 dilaksanakan di Desa Randuharjo, Kecamatan Pungging, Kabupaten Mojokerto resmi dimulai. Dimulainya TMMD Ke-16 ini ditandai upacara pembukaan di lapangan Desa Randuharjo, Rabu (10/5-2023) pagi.

Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati pun turut hadir mengikuti rangkaian kegiatan pembukaan TMMD ini. Tidak sendiri, Bupati Ikfina bersama Komandan Korem 082/Citra Panca Yudha Jaya, Komandan Kodim 0815/Mojokerto, Letkol Inf Iqbal Prihanta Yudha didampingi jajaran Polres Mojokerto, OPD serta staf Kodim 0815/Mojokerto.

Pada TMMD dengan tema ‘Sinergi Lintas Sektorat Mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat Semakin Kuat’ kali ini terdapat enam sasaran pembangunan baik fisik maupun non-fisik.

Adapun sasarannya yakni, Jalan Usaha Tani Desa Randuharjo terdapat dua titik yang berada di Dusun Kamotan Wetan dengan panjang 855 meter x 2,5 meter. Sementara di Dusun Randurancang dengan panjang 195 meter x 2,5 meter.

Sasaran kedua, yakni Jalan Lingkungan Desa Randuharjo yang berada di Dusun Kamotan Wetan dengan ukuran 255 meter x 4 meter dan jalan di Dusun Randurancang dengan ukuran 205 meter x 4 meter.

Sasaran ketiga, yakni rehab Mushola Nurul Hidayatulloh yang berada di Dusun Arjosari dengan anggaran 100 juta rupiah. Sasaran keempat yakni rehab ruang kelas SDN Randuharjo 2 dengan anggaran 200 juta rupiah.

Sementara itu terdapat sasaran tambahan yakni pembangunan jambanisasi dengan anggaran 213 juta rupiah lebih dengan sasaran realisasi 16 unit jamban. Serta renovasi rumah tidak layak huni sejumlah 9 unit dengan anggaran 180 juta rupiah.

Bertindak sebagai inspektur upacara, Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati menyampaikan, program TMMD ini bertujuan untuk pemerataan pembangunan serta memperkuat kemanunggalan TNI dengan rakyat.

“Tujuan utama program TMMD adalah pemerataan pembangunan nasional untuk lebih sejahtera, adil dan gotong royong, serta memperkuat kemanunggalan TNI dengan masyarakat,” ungkap Ikfina.

Bupati Ikfina menjelaskan, proses perencanaan TMMD tahun 2023 ini, direncanakan dengan sistem perencanaan ‘bottom up’. Dimana perencanaan pembangunan tersebut merupakan aspirasi dari masyarakat.

“Sasaran kegiatan ditetapkan dan diakomodir kedalam rencana kerja Pemerintah Kabupaten Mojokerto tahun 2023, dengan total anggaran sebesar satu milyar enam ratus sembilan puluh tiga juta empat ratus ribu rupiah,” jelasnya.

Dalam konteks kepentingan pembangunan, lanjut Ikfina, program TMMD merupakan sarana untuk membantu pemerintah daerah dalam memberdayakan masyarakat, mengatasi kesulitan yang terjadi di wilayah, serta meningkatkan akselerasi pembangunan ditingkat desa, dengan indikator kinerja utama Pemerintah Kabupaten Mojokerto adalah indeks desa membangun (IDM).

Bupati Ikfina pun menyampaikan terima kasih dan mengapresiasi atas dukungan seluruh pihak dalam pelaksanaan TMMD Ke-116 di Kabupaten Mojokerto ini.

“Saya sampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya, atas dukungan, kerja sama, soliditas dan sinergitas semua pihak, yang mendukung pelaksanaan TMMD Ke-116 Kabupaten Mojokerto tahun 2023 ini,” tuturnya.

Untuk diketahui, selain pembangunan fisik, dalam pelaksanaan TMMD Ke-116 kali ini juga dilakukan kegiatan non fisik, yakni senam dan gebyar minum tablet penambah darah bersama, workshop atau pelatihan batik ecoprint, pelayanan administrasi kependudukan keliling (e-KTP, KIA, akta kelahiran, akta kematian, KK), pelatihan pembuatan kue kering, pelayanan mobil perpustakaan keliling, pemberian bantuan desinfektan, serta pelayanan kesehatan hewan. (uyo)

1 KOMENTAR

  1. sukses selalu,, semoga kegiatan TMMD 116 di kab.Mojokerto berjalan dengan lancar dan bermanfaat untuk masyarakat

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini