Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati memberikan arahan kepada peserta sosialisasi DTKS di ruang pertemuan Kecamatan Mojosari, Rabu (12/7/2023).

IM.com – Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati meminta pencatatan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dilakukan secara cermat dan akurat. Akurasi data ini agar penyaluran bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan bisa tepat sasaran.

Arahan ini disampaikan Bupati Ikfina kepada petugas pendataan dalam kegiatan sosialisasi DTKS. Agenda tersebut digelar Dinas Sosial Kabupaten Mojokerto di ruang pertemuan Kecamatan Mojosari, Rabu (12/7/2023).

“Kondisi kesejahteraan masyarakat bisa berubah sangat cepat, jadi tolong, pendataan ini dilakukan sebaik mungkin dan selalu diupdate,” kata Ikfina.

Bupati Ikfina juga meminta agar para petugas pendataan melakukan cek ulang terhadap data yang sudah ada.

“Tolong cek ulang, seharusnya bagi yang sudah mampu, ini harus dikeluarkan dari data yang tidak mampu agar tidak menerima bantuan lagi,” ujarnya.

Orang nomor satu di lingkup Pemerintah Kabupaten Mojokerto ini pun mendorong agar pendataan di Kabupaten Mojokerto menjadi satu data. Hal ini tentunya untuk mengantisipasi dan mencegah penerima bantuan ganda.

“Kalau datanya singkron, jadi satu data, maka tidak akan ada penerima bantuan yang double. Sehingga satu penerima ya hanya menerima satu bantuan saja,” tandasnya.

Mengingat semua proses pendataan telah menggunakan aplikasi digital, Bupati Ikfina berharap seluruh tenaga pendata harus bisa menyesuaikan dengan perkembangan yang ada saat ini. Menurutya, digitalisasi ini lebih memberikan keamanan data masyarakat.

“Karena setiap data yang diunggah di aplikasi, pasti menyertakan bukti-bukti pendukung. Bukti ini lah yang akan membentengi anda semua. Jadi tolong teruslah belajar menyesuaikan kondisi saat ini,” imbuhnya.

Dengan data yang akurat, Bupati Ikfina menyampaikan, pemerintah akan bisa menentukan tindaklanjut dengan lebih akurat lagi.

“Terkait pendataan tolong betul-betul diperiksa benar-benar. Apa yang anda kerjakan ini akan menjadi kunci awal dari tindakan yang akan dilakukan selanjutnya,” tukasnya. (im)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini