Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati bersama Staf Khusus Menteri Titik Masudah dan Direktur Bina Perluasan Kesempatan Kerja, Kementerian Tenaga Kerja RI Iwan Darmawan membuka Expo Tenaga Kerja Mandiri (TKM) tahun 2023 di Stadion Gajah Mada, Mojosari, Jumat (22/12/2023).

IM.com – Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) Republik Indonesia (RI) menggebyar Expo Tenaga Kerja Mandiri (TKM) tahun 2023 di Stadion Gajah Mada, Mojosari, Kabupaten Mojokerto, Jumat-Sabtu (22-23/12/2023). Acara ini bertujuan memberikan wadah promosi produk-produk TKM berbasis UMKM.

Pameran Kemnaker RI 2023 ini untuk memperkenalkan produk-produk TKM kepada masyarakat luas, sehingga dapat menciptakan perluasan kesempatan kerja. Selain itu juga menjadi ajang membangun jejaring diantara TKM.

“Para TKM Kabupaten Mojokerto itu adalah warga kita semua untuk menampilkan produk-produknya dan masyarakat akan tahu semuanya bagaimana produk dari para pelaku usaha mikro dan kecil di Kabupaten Mojokerto,” ucap Ikfina saat membuka acara pada Jum’at (22/12/2023) malam.

Hadir dalam acara pembukaan expo Staf Khusus Menteri Titik Masudah dan Direktur Bina Perluasan Kesempatan Kerja, Kementerian Tenaga Kerja RI Iwan Darmawan. Acara yang bertajuk ‘Fantastik Festival’ juga melibatkan sedikitnya 100 TKM baik dari Wilayah Kabupaten Mojokerto hingga Provinsi Jawa Timur.

Ikfina mengatakan, event ini diinisiasi oleh Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) RI sebagai upaya dalam memperkenalkan produk-produk TKM kepada masyarakat, sehingga harapannya dapat mengajak dan menyerap tenaga kerja untuk ikut bergabung dalam usaha mandiri. Ia tak lupa juga mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Kementerian Ketenagakerjaan RI, untuk diberikan kesempatan dalam pelaksanaan TKM Expo di Bumi Majapahit.

“Saya atas nama masyarakat Kabupaten Mojokerto mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada ibu Titik dan pak Iwan. Bahwa Expo ini  memberi kesempatan kepada para pelaku usaha mikro kecil di Kabupaten Mojokerto,” ungkapnya.

Sementara itu, Staf Khusus Menteri Ketenagakerjaan RI, Titik Masudah mengungkapkan, bahwa pelaksanaan TKM Expo ini merupakan salah satu wujud dari pelaksanaan 9 lompatan besar di Kemnaker RI, sehingga dapat mendukung untuk memperluas kesempatan kerja dan mengatasi jumlah pengangguran.

“Program TKM Expo diharapkan dapat memberikan dorongan bagi TKM sendiri dan bentuk dari community development di lingkungan wilayah TKM tersebut berada,” jelasnya.

Titik juga menambahkan, pada tahun 2023 ini Kemnaker telah merencanakan memberikan bantuan modal usaha kepada 11.000 kelompok TKM di seluruh Indonesia.

“Sampai pada bulan Desember tahun 2023 ini, telah disalurkan sebanyak 10.955 kelompok TKM yang menyebar di seluruh Indonesia. untuk wilayah Kabupaten Mojokerto sampai pada tahun 2023 terdapat kurang lebih 173 TKM yang menerima bantuan dari Kementerian Ketenagakerjaan,” ujarnya.

Titik juga mengatakan, alasan utama dipilihnya pelaksanaan TKM Expo di Bumi Majapahit yakni adanya potensi disektor wisata baik sektor alam, budaya, dan religi. sehingga dapat mendukung pertumbuhan perekonomian di Kabupaten Mojokerto.

Selain itu, Titik  mengharapkan, pelaksanaan TKM Expo ini dapat  memberikan inspirasi bagi calon TKM di Bumi Majapahit dan sekitarnya. Serta terdapat pula dukungan dari stakeholder untuk bisa menerima TKM maupun masyarakat lain untuk dapat bersama-sama dalam memajukan pembangunan aktivitas perekonomian melalui TKM di Kabupaten Mojokerto.

“Dari hasil Expo ini diharapkan adalah momen penting untuk melakukan perbaikan serta memberikan semangat untuk meningkatkan kompetensi dari TKM yang sudah menerima bantuan dalam upaya perluasan kesempatan kerja sehingga batuan ini dapat terus berkembang dan berkelanjutan,” pungkasnya.

Diketahui, pada rangkaian kegiatan TKM Expo 2023 ini juga dimeriahkan dengan penampilan grup musik D’Masiv. Selain itu, terdapat pula pasar rakyat, temu raya TKM, kuliner dan hiburan dari Arlida Putri, Kelik serta Cak Percil. Ada juga Senam Zumba dan fun game dengan berbagai hadiah doorprize menarik.

Kehadiran Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah dan hiburan dan hiburan Seniman Humor Kelik Pelipur lara dan D’Masiv direncanakan akan hadir dan manggung pada Sabtu (23/11/2023).

Sementara itu, pelaksanaan senam zumba bersama masyarakat dengan berbagai doorprize menarik dan kegiatan uleg sambal ikan wader yang menjadi ikon Kabupaten Mojokerto bakal digelar terlebih dahulu. (im)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini