Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) RI Ida Fauziyah meninjau sejumlah stan UMKM Naker dan membeli sejumlah kain batik di 'TKM Expo: Fantastik Festival', di GOR Gajah Mada, Mojosari, Sabtu (23/12/2023) malam.

IM.com – Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) RI memberikan dukungan kuat terhadap tumbuh kembang usaha mikro, kecil, menengah (UMKM) di daerah, khususnya Kabupaten Mojokerto. Sokongan itu terwujud melalui event ‘TKM Expo: Fantastik Festival’, di GOR Gajah Mada, Mojosari, yang dapat menjadi wadah promosi produk-produk UMKM lokal sekaligus memperluas kesempatan lapangan kerja.

Kegiatan Tenaga Kerja Mandiri (TKM) Expo sebagai bentuk dukungan Kemnaker terhadap para pelaku usaha yang mendapatkan bantuan modal TKM. Selain memperluas peluang kerja, event ini menjadi ajang membangun jejaring di antara TKM.

“Keberlangsungan acara ini merupakan wujud dukungan terhadap program TKM yang diharapkan dapat memperluas kesempatan kerja dan mengatasi jumlah pengangguran,” kata Menaker Ida Fauziyah saat memberikan arahan sekaligus sambutan TKM Expo, di Mojokerto, Jawa Timur, Sabtu (23/12/2023).

Baca: Expo TKM Kemnaker Wadah Promosi UMKM  dan Perluasan Kesempatan Kerja di Kabupaten Mojokerto

Ida membeberkan, data BPS mencatat pengangguran terbuka sudah menurun dari tahun lalu 5,8 persen sekarang 5,32 persen. Fakta itu tak lepas dari semakin banyaknya masyarakat yang sudah mulai bisa masuk ke pasar kerja.

Selain itu, setiap tahunnya Kementerian Ketenagakerjaan memberikan kesempatan kepada masyarakat yang tidak masuk di pasar kerja bisa menjadi pelaku usaha melalui program tenaga kerja mandiri (TKM). Senyampang dengan hal itu, Kemnaker melahirkan para pelaku usaha 110 ribu per tahun.

“Pemerintah menyediakan kesempatan bagi masyarakat untuk bisa menjadi pengusaha. Jangan membayangkan sebagai pengusaha langsung menjadi besar, mulainya dari yang kecil,” ujarnya.

Ida melanjutkan, mengungkapkan pada tahun 2023, Kemnaker merencanakan memberikan bantuan modal usaha kepada pencari kerja sebanyak 11.000 Kelompok TKM. Hingga Desember tahun 2023, telah di salurkan bantuan sebanyak 10.955 TKM di Seluruh Indonesia.

“Untuk wilayah Kabupaten/kota Mojokerto, hingga tahun 2023 terdapat kurang lebih 173 TKM yang menjadi penerima bantuan dari Kemnaker,” ujarnya.

Guna mendukung berkembangnya UMKM lokal ini, Ida mengajak kepada seluruh masyarakat untuk membeli produk-produk milik teman atau masyarakat Kabupaten Mojokerto sendiri. Oleh karena itu, event ‘TKM Expo: Fantastik Festival’ di Mojosari ini menjadi ajang untuk mempertemukan  pemerintah dengan pelaku usaha serta memperkuat jejaring antar mereka yang memulai usahanya dari BLKK Balai Latihan Kerja Komunitas.

“Dengan membeli produk produk umkm teman kita sendiri akan membantu kesuksesan mereka,” terang Ida.

1
2

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini