Regional

Kadis Pertanian Kabupaten Mojokerto Pastikan Hewan Kurban Sehat

IM.com – Dinas Pertanian Kabupaten Mojokerto, melakukan sidak hewan kurban, Rabu (07/08/2019) di Kecamatan Sooko, Mojokerto. 

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mojokerto, Soelistiyowati menyatakan, pemeriksaan sejak 1 Agustus 2019 ke sejumlah Kecamatan di Mojokerto, hewan kurban yang dijual untuk kebutuhan Idul Adha 2019 dalam kondisi sehat. 

“Hewan kurban yang sudah diperiksa tim dinyatakan sehat. Dilihat dari kebersihan, postur tubuh, kaki, mata dan gigi. Semua layak untuk dikurbankan buat hari raya Idul Adha, “ ujarnya. 

Pemeriksaan hewan kurban yang dilakukan tim dari Dinas Pertanian, Rabu (07/08/2019) ada 45 lapak tersebar di sejumlah titik di Kabupaten Mojokerto. 

Dari lapak para pedagang, petugas berhasil melakukan pemeriksaan kambing 1.111 ekor, sapi 216 dan jenis domba 41 ekor. 

“Hari ini kami juga mendapatkan sapi ras limosin Madura dan Simental, jumlahnya 60 ekor, kambing 300 ekor, domba jenis PE 150 ekor, semuanya gemuk dan sehat, “ bebernya. 

Terkait harga jual hewan kurban di Kabupaten Mojokerto ada kenaikan dibanding tahun kemarin

Menurut Soelistiyowati, setelah dievaluasi harga kambing dijual kisaran Rp 2,5 juta hingga Rp 6 juta. Harga sapi dikisaran Rp 17 juta hingga Rp 38 juta.  “Harga itu yang sementara kami terima dari laporan teman – teman di lapangan, “ ujarnya. 

Soelistiyowati berharap kepada para pedagang hewan kurban agar menjaga kesehatan hewan yang akan dipakai berkurban. 

“Kami berharap dagingnya sehat, sehingga ketika dikonsumsi tidak ada masalah bagi yang mendapatkan hewan kurban, “ pungkasnya. (rei/uyo) 

Berita Terkait

Komentar