Tiket kereta api ekonomi tujuan Jakarta dan Bandung habis terjual dampak liburan panjang Idul Adha

IM.com – Tiket kereta api (KA) kelas ekonomi tujuan Jakarta dan Bandung untuk libur panjang Hari Raya Idul Adha di Stasiun Mojokerto, ludes terjual. Sementara KA tambahan yang disediakan PT KAI belum banyak diminati masyarakat.

Kepala Stasiun Mojokerto, Wahyudi Cahyadi mengatakan, sejak seminggu yang lalu, tiket KA Gaya Baru Malam Selatan tujuan Stasiun Pasar Senen, Jakarta dan KA Pasundan tujuan Stasiun Kiara Condong, Bandung habis terjual.

Tiket kedua KA kelas ekonomi itu baru tersedia untuk keberangkatan 21 September 2016. “Jadi, untuk keberangkatan libur panjang Hari Raya Idul Adha sudah habis terjual,” kata Wahyudi, Rabu (7/9/2016).

Libur panjang Idul Adha berlangsung 9-12 September 2016. Menurut Wahyudi, mayoritas penumpang dari Mojokerto memanfaatkan libur panjang untuk pulang kampung (mudik) ke beberapa daerah di Jawa Tengah, Jakarta, dan Bandung.
“Paling banyak tujuan penumpang ke Lempuyangan, Yogyakarta, ke Jakarta, Purwosari, Yogyakarta, dan Bandung sendiri,” ungkapnya.


Sebagai alternatifnya, lanjut Wahyudi, PT KAI menyediakan kereta tambahan khusus libur panjang Idul Adha, yakni Kereta Luar Biasa (KLB) Ekonomi. Kereta kelas ekonomi komersial rute Stasiun Gubeng, Surabaya-Pasar Senen, Jakarta itu hanya dioperasikan pada tanggal 7, 9, dan 12 September.

Hanya saja, sampai saat ini KA dengan kapasitas 800 tempat duduk itu belum banyak diminati masyarakat. Sampai hari ini, masih tersisa 300 kursi untuk keberangkatan 9 dan 12 September. Padahal, selain dilengkapi televisi, dengan KLB Ekonomi, perjalanan ke Jakarta lebih cepat 2 jam dibandingkan dengan Gaya Baru Malam Selatan.

“Kurang diminati karena belum banyak masyarakat yang tahu. Selain itu, harga tiket lebih mahal, yakni Rp 250 ribu. Kalau KA Gaya Baru kan Rp 104 ribu, Pasundan Rp 94 ribu,” terangnya.

Wahyudi menambahkan, per hari ini, tiket kelas ekonomi yang masih tersedia adalah KA Logawa rute Purwokerto-Jember dan KA Sri Tanjung rute Lempuyangan, Yogyakarta-Banyuwangi.

“Alternatif lain KA kelas bisnis dan eksekutif, yang melalui Stasiun Mojokerto ada KA Bima dan Bangunkarta tujuan Jakarta. Tiket untuk libur panjang kedua kereta itu masih tersedia,” pungkasnya. (bud/uyo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here