TARGET - Proyek pembangunan Pasar Kedungmaling tahap pertama diharapkan tuntas akhir tahun 2017

IM.com – Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Mojokerto bersama Kejaksaan Mojokerto sidak ke lokasi proyek Pasar Kedungmaling, Kecamatan Sooko, Rabu (30/08-2017) pagi. Proyek senilai Rp 20,7 miliar dari APBD TA 2017 ditarget selesai akhir tahun ini.

Kini tahap pengerjaan proyek Pasar Kedungmaling yang menempati eks tanah kas desa seluas 18.900 meter sudah mencapai 25 persen. Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Mojokerto, Bambang Purwanto sangat berharap PT Insan Pesona sebagai pemenang tender bisa menyelesaikan tepat waktu.

“ Kita melakukan sidak untuk mengetahui langsung hasil sementara tahapan pengerjaan proyek Pasar Kedungmaling yang dikabarkan sudah mencapai 25 persen. Termasuk sedang memasuki tahapan pengerjaan pengecoran lantai atas dan tiang utama penyangga bangunan,” jelas Bambang Purwanto.

Salah satu yang kita cek, kata Bambang, adalah jenis dan kualitas serta ukuran besi yang dijadikan sebagai rangka penyangga dan dasar lantai pengecoran juga alur pengairan serta akses pintu masuk. “Setelah kita cek secara fisik dan diukur pakai alat, ukuran besi yang dipakai sesuai ketentuan,” ujar Bambang didampingi Kasi Intel Oktario Hutapea dan Kasi Pidsus Fathur Rahman.


Tim Disperindag dan Kejaksaan Mojokerto juga mengecek kondisi pondasi maupun saluran air serta beberapa bangunan yang dianggap rawan penyimpangan kualitas bangunan. “ Kesimpulan hasil sidak saat ini, kami bersama tim Kejaksaan Mojokerto masih sebatas mengecek langsung kualitas bangunan yang masih 25 persen. Dan belum menemukan adanya indikasi penyimpangan. Semoga hingga pengerjaan tuntas tidak ada penyimpangan,” tandas Kasi Intel Oktario Hutapea.

Pasar Kedungmaling baru yang menempati lahan lapangan sepak bola, aset milik Pemerintahan Desa Kedungmaling itu bakal dibangun 600 kios dan dibagikan gratis kepada pedagang yang menempati pasar yang lama. Di pasar yang baru disedaiakan sejumlah fasilitas pendukung, seperti pergudangan, cold storage, tempat pembuangan sampah sementara (TPS), instalasi pengolahan air limbah (IPAL), musala, hingga fasilitas perbankan. (uyo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here