IM.com – Pemerintah Desa Padangasri Kecamatan Jatirejo Kabupaten Mojokerto, menyelenggarakan Pelatihan Kepemimpinan Pemuda Karang Taruna, dengan menggandeng Bhabinkamtibmas dan Babinsa setempat, Sabtu (30/12/2017).

Kades Padangasri, Bahaudin, S.Pd dalam pengantarnya, saat membuka acara menyampaikan, kegiatan pelatihan kepemimpinan ini, untuk membekali dan memantapkan para Pemuda Karang Taruna selaku kader-kader pemimpin di tingkat desa. Untuk itu, dalam pelatihan ini para pemuda karang taruna akan dibekali materi Pancasila, wawasan kebangsaan dan kedisiplinan, terangnya.

Kades menegaskan agar generasi muda Khususnya anak-anak remaja tidak terpengaruh oleh budaya dan perilaku yang dapat merugikan bahkan menjerumuskan diri sendiri.

Berikutnya pemberian materi Pancasila disampaikan oleh Bhabinkamtibmas Aiptu Teguh S, yang mengajak para pemuda untuk memahami dan melaksanakan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa. Materi wawasan kebangsaan disampaikan oleh Peltu Imam Badrudin dari Koramil 0815/15 Jatirejo,


Diantaranya mengupas tentang bela negara. Nilai-nilai bela negara ini, yakni cinta tanah air, yakin akan Pancasila sebagai ideologi negara, rela berkorban dan sadar akan berbangsa dan bernegara, sangat penting, tidak hanya sebatas dipahami namun harus diterapkan dalam keseharian.

Terlebih bagi calon kader-kader pemimpin harus lebih disiplin, berwawasan luas, teruji dan terlatih, serta bisa menjadi tauladan atau contoh dalam sikap dan perilaku, terangnya.

Sementara materi kedisiplinan melalui Peraturan Baris Berbaris (PBB) disampaikan Babinsa Padangasri, Serka Sholikin, yang mengajarkan tentang sikap dan gerakan di tempat, gerakan berjalan dan penghormatan.

Hadir dalam kegiatan tersebut, antara lain perangkat desa dan peserta pelatihan sejumlah sekitar 60 orang.(dim/uyo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here