IM.com – Hari buruh atau May Day setiap tahun diperingati dipelbagai negara termasuk di Indonesia. Di tahun 2018 ini di Indonesia Hari Buruh diharapkan diperingati dengan kegiatan yang menggembirangkan. Diantaranya olah raga, hiburan, bakti sosial.

Seperti pesan Kapolda Jatim, peringatan May Day diharapkan bisa dijadikan hari yang menggembirakan dan apabila akan melakukan kegiatan agar dilaksanakan di kota masing-masing.

Pesan Kapolda Jatim itulah yang disampaikan Kapolres Mojokerto AKBP Leonardus Simamarta, S.Sos, S.IK, MH dalam Rapat Koordinasi (Rakor) jelang perhelatan Hari Buru bersama Forkopimda Kabupaten di Mapolres Mojokerto, Sabtu (28/04/2018).

AKBP Leonardus Simamarta, S.Sos, S.IK, MH, mengatakan, di luar negeri May Day merupakan hari yang menyenangkan (Fun Day) maka di Indonesia ini akan kita ubah seperti itu dengan kegiatan olah raga, hiburan, bakti sosial, dan lain-lain.

Pihaknya, siap melayani setiap kegiatan yang dilakukan buruh, dengan catatan jangan membawa benda-benda yang dilarang pada pelaksanaan kegiatan aksi seperti tongkat dan kayu.

Kapolres juga menyampaikan untuk perwakilan buruh bila ke-Surabaya akan dilakukan pengawalan dan pengamanan. Pihaknya akan meminta bantuan Kodim 0815 Mojokerto dan Batalyon Para Raider 503 Mojosari.

Sementara, Kasdim 0815 Mojokerto Mayor Inf Nuryakin S.Sos, menegaskan, bahwa May Day jangan sampai mengarah kepada kegiatan yang tidak konstruktif dan anarkhis sehingga dapat mempengaruhi ketahanan wilayah Mojokerto yang sudah berlangsung dengan kondusif.

Dan, Kodim 0815 Mojokerto, siap mendukung Polres Mojokerto terkait pengerahan personel dan peralatan untuk membantu pengamanan kegiatan May Day, “Kami akan bersinergi dan berkoordinasi dengan Polres Mojokerto berkaitan plotting lokasi dan personel pengamanan demi menciptakan kondisi dan situasi yang kondusif di wilayah Kabupaten Mojokerto”, tandasnya.

Sementara Ketua DPRD Kabupaten Mojokerto, H. Ismail Pribadi, SE, Danyonif PR 503, Perwakilan dari Korem 082/CPYJ dan Pejabat Disnakertrans Kabupaten Mojokerto, sangat mendukung bahwa peringatan May Day kali ini dijadikan Fun Day, yang dikemas dalam bentuk aksi sosial, demo boleh dilakukan namun aspiratif jangan ada aksi sweeping, sehingga tidak mengganggu ketertiban umum dan situasi lebih kondusif.

Ketua DPC KSPSI Kabupaten Mojokerto, Drs. Barry Taim, menyampaikan, bahwa peringatan May Day kali ini direncanakan akan diisi dengan kegiatan jalan sehat, pembagian Sembako dan Door Prize yang akan dilaksanakan di Kawasan Ngoro Industri Persada (NIP). (dim/uyo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here