Distan Kab. Mojokerto Latih Warga Jembul Beternak Kambing
40 anggota Poktan Ternak Mendojoyo mengikuti pelatihan beternak kambing

IM.com – Memasuki hari kelimabelas, pelaksanaan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 102 / 2018 di Mojokerto diwarnai pelatihan budidaya kambing pada Kelompok Tani Ternak Mendo Joyo, Desa Jembul mendapat bantuan kambing Maskin dari Dinas Pertanian Kabupaten Mojokerto, Selasa (24/07/3018) sore.

Bertempat di Balai Desa Jembul tentatif, Kepala Seksi Produksi dan Budidaya Peternakan Dinas Pertanian Kabupaten Mojokerto Siti Harini selaku pemateri menjelaskan beberapa hal yang harus diperhatikan dalam beternak kambing, diantaranya bibit kambing yang berkualitas, ukuran dan kualitas kandang.

Posisikan kandang sedemikian rupa agar mudah memberi pakan dan pengawasan. Juga pemilihan pakan yang mencukupi kebutuhan gizi/nutrisi, pemeliharaan kesehatan kambing secara berkala dan insidentil, serta cara reproduksi.

Di hadapan 40 anggota Poktan Ternak Mendojoyo, Siti Harini menegaskan, Dinas Pertanian Kabupaten Mojokerto memberikan bantuan kambing sejumlah 42 ekor, terdiri dari betina 40 ekor dan pejantan 2 ekor guna meningkatkan kesejahteraan para petani. “Dari 42 ekor, dari tahun ke tahun harus berkembang, untuk itu Distan akan mengawal terus perkembangannya,” tutur Siti.


Karena kambing yang diberikan merupakan bersifat bantuan, kata Siti, apabila mengalami kehilangan atau mati, pihak penerima wajib membuat berita acara pertanggung jawaban yang ditujukan kepada Dinas Pertanian dan instansi terkait.

Bila kambingnya hilang, tentu harus ada bukti laporan kehilangan dari kepolisian. Demikian pula bila kambingnya mati, maka Petugas Lapangan dari UPT Kecamatan akan melakukan pemeriksaan penyebab kematian hewan tersebut, tegasnya.

Sementara Ketua Poktan Ternak Mendojoyo, Abdul Karim (46), warga RT 02 RW 02 Desa Jembul, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dinas Pertanian Kabupaten Mojokerto yang telah memberikan bantuan kambing. Dirinya akan berusaha secara maksimal, agar bantuan kambing ini dapat berkembang biak. (dim/uyo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here