IM.com – Danrem 082/CPYJ Kolonel Inf M. Dariyanto mengikuti Rapat Koordinasi Rencana Pelaksanaan TMMD ke 110 tahun 2021 secara Video Conference di Ruang Rapat Makorem Jl. Veteran No. 3 Kota Mojokerto, Kamis (18/02/2021).

Kegiatan Video Telecoference dipimpin oleh Wakil Asisten Teritorial Kasad Bidang Tahwil, Komsos dan Bakti Brigjen TNI Toto Nurwanto S.I.P., M.Si dengan Tema “TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri” langsung dari Markas Besar TNI-AD Jakarta, yang diikuti oleh para Kasdam, Danrem, Kapendam, Dandim, Bupati, Ketua DPRD dan Kepala Bapeda Kabupaten/Kota yang terlibat.

Dalam sambutannya Waaster Kasad menyampaikan ucapkan terima kasih kepada seluruh Pimpinan Lembaga terkait, khususnya kepada para Bupati dan Walikota yang wilayahnya melaksanakan program TMMD ke-110 tahun 2021.

Kehadiran TMMD di tengah-tengah masyarakat bukan hanya sekedar pembangunan fisik semata, bukan juga sekedar tambah sarana dan prasarana di Desa, akan tetapi yang lebih penting lagi adalah terbangunnya semangat gotong royong, semangat kebersamaan untuk membangun Desa dan sebagai basis Ketahanan Nasional.

Tujuan lain dari pelaksanaan TMMD adalah terjalinnya komunikasi yang baik antara TNI, Polri, Kementerian dan Lembaga Pemerintahan Non Kementerian.  Pemerintah Daerah dan seluruh Komponen Bangsa ikut memberikan solusi Pembangunan daerah khususnya di pedesaan, daerah terpencil serta daerah terkena dampak bencana alam.

“Kehadiran kita di tengah-tengah masyarakat harus dapat memberikan kontribusi yang positif dalam upaya membangun Ketahanan Nasional yang dimulai dari wilayah utamanya, karena hal ini sangat diperlukan dalam menghadapi ancaman nyata yang saat ini sudah masuk di semua lini kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan  bernegara diantaranya adalah Narkoba, Terorisme, Radikalisme dan lain-lain,” ungkap Waaster.

Sebagaimana hasil laporan dari pengawasan dan evaluasi secara umum penyelenggaraan TMMD ke 107, 108 dan 109 tahun 2020 dapat berjalan dengan baik, aman dan lancar.

Meskipun secara umum pelaksanaan kegiatan TMMD berjalan dengan baik, namun dalam pelaksanaannya masih ditemukan permasalahan berubahan dukungan anggaran dari Pemda, dari anggaran yang telah direncanakan sebelumnya justru berubah pada saat mendekati pelaksanaan.   Sehingga ini akan berdampak pada perubahan secara fisik bangunan.

“Pelaksanaan TMMD tahun ini masih dalam situasi pandemi wabah Covid-19, sehingga akan berpengaruh dengan pelibatan masyarakat pada kegiatan fisik maupun non fisik, saya harapkan para Dansatgas agar menyiapkan protokol kesehatan bagi prajurit dan masyarakat yang terlibat dalam kegiatan sehari-hari,” pungkasnya.

Selesai melaksanakan Vicon Danrem 082/CPYJ memberikan arahan kepada peserta undangan Vicon, Danrem menyampaikan,” Dansatgas dan seluruh pihak yang terlibat TMMD ke-110 agar segera bereaksi sehingga pembangunan yang sudah direncanakan dapat selesai sesuai dengan alokasi waktu yang ditentukan.   Jangan lupa laksanakan protokol kesehatan dengan baik bagi prajurit maupun masyarakat yang terlibat dalam kegiatan ini,” jelas Danrem.

Turut hadir dalam rapat tersebut, Dandim 0813/Bojonegoro Letkol Inf Bambang Haryanto, Ketua DPRD Bojonegoro Bapak Imam Sholikin, Kepala Bapeda Bojonegoro Bapak Sahid, Kasiopsrem Mayor Inf Topan Angker, Kasiterrem Mayor Inf Andri Risnawan S.E. dan Kapenrem 082/CPYJ Mayor Caj Supranoto.(penrem 082)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here