Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati menanam pohon bambu pada peringatan Hari Lingkungan Hidup sekaligus menandai pencanangan Desa Claket, Kecamatan Pacet menjadi Sentra Pembibitan dan Edukasi Tanaman Bambu, Sabtu (5/6/2021).


IM.com – Desa Claket, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto dicanangkan menjadi Sentra Pembibitan dan Edukasi Tanaman Bambu. Pencanangan ini sangat tepat mengingat kawasan tersebut memilik sumber air yang jernih dan melimpah.

Sentra Pembibitan dan Edukasi Tanaman Bambu di Desa Claket diresmikan Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati untuk memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2021 di Air Terjun Surodadu, Pacet, Sabtu (5/6/2021) pagi. Peringatan tersebut bertema “Ecosystem Restoration” dengan kampanye “Reimagine, Recreate, Restore”.

“Claket punya sumber air yang bagus. Cocok untuk budi daya tanaman bambu yang punya banyak manfaat. Saya berharap Pemerintah bisa kerja sama dengan Yayasan Bambu Lestari, untuk mengembangkan program ini lebih luas lagi. Semoga tidak hanya di Claket, tapi bisa menular ke desa-desa lain,” kata Ikfina.

Dalam pencanangan ini, Pemerintah Kabupaten Mojokerto juga memberikan penghargaan Desa Berseri dan Peka Kelola kepada beberapa desa, pelaku usaha, serta berbagai inovasi kegiatan yang dinilai berperan dalam upaya membantu Pemerintah dalam melestarikan lingkungan.

Bupati Ikfina Fahmawati meninjau areal ladang dan persawahan warga yang akan disulap menjadi Sentra Pembibitan Bambu di Desa Claket, Kecamatan Pacet, Mojokerto.

Juara pertama diraih Desa Sooko Kecamatan Sooko, disusul urut oleh Desa Sumbergirang Kecamatan Puri dan Desa Pohjejer Kecamatan Gondang. Dilanjutkan juara harapan pertama yang diraih Desa Kertosari Kecamatan Kutorejo, Desa Tinggar Buntut Kecamatan Bangsal, dan terakhir Desa Mojolebak Kecamatan Jetis.

Didik Chusnul Yakin Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Mojokerto, mengucapkan terima kasih kepada Bupati Ikfina Fahmawati yang telah mencanangkan Desa Claket sebagai  sentra pembibitan dan edukasi tanaman bambu.

“Terima kasih kepada Ibu Bupati yang sudah mengapresiasi Desa Claket dan mencanangkannya sebagai sentra pembibitan tanaman bambu. Semoga apa yang kita laksanakan hari ini, bisa membangun kesadaran bersama agar lebih peduli keselamatan lingkungan,” ujar Didik.

Acara ditutup dengan penanaman bibit tanaman bambu oleh bupati didampingi Kepala DLH, Forkopimca dan Kades Claket Umber Mulyadi. (im)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini