Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati mensosialisasikan bahaya dan kerugian negara akibat peredaran rokok ilegal di Lapangan TKD Desa Trowulan, Selasa (6/6/2023)

IM.com – Pemerintah Kabupaten Mojokerto terus mengkampanyekan perang melawan rokok ilegal. Selain lebih membahayakan kesehatan, peredaran produk tembakau secara tidak sah ini merugikan negara dan masyarakat.

Sosialisasi mencegah peredaran rokok ilegal yang digelar Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Mojokerto dikemas dengan pertunjukan seni Campursari Guyon Maton dari grup dagelan Percil CS. Acara yang berlangsung di Lapangan TKD Desa Trowulan, Selasa (6/6/2023) malam tampak meriah dan diikuti ratusan masyarakat Kecamatan Trowulan dan sekitarnya yang antusias.

Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati yang turut hadir dalam acara tersebut menyapa masyarakat.  Dalam sambutannya, ia berharap, masyarakat dapat membantu memberantas peredaran rokok ilegal yang dinilai merugikan negara dan masyarakat.

“Mari bersama-sama memberantas rokok ilegal, selain membahayakan kesehatan, juga merugikan negara,” tuturnya.

Bupati Ikfina juga menjelaskan, bahwa hasil dari cukai, yakni Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) ini oleh pusat akan dikembalikan kepada daerah untuk kebutuhan masyarakat di daerah.

“Dana DBHCHT dari pusat ini juga akan dikembalikan lagi ke daerah, tentunya untuk kebutuhan masyarakat di daerah. Salah satu contoh juga seperti mengadakan kegiatan hiburan seperti ini,” jelasnya.

Kepala Bea Cukai Sidoarjo, Pancoro Agung mengajak masyarakat untuk melaporkan kepada aparat penegak hukum jika menemukan peredaran rokok ilegal. “Jika anda menemukan rokok ilegal, silahkan langsung melaporkan ke Bea Cukai, Polisi, Satpol PP atau perangkat desa setempat, agar bisa segera kami tindak lanjuti,” terangnya.

Agung pun menjelaskan, beberapa ciri rokok ilegal, diantaranya, rokok tanpa pita cukai, rokok dengan pita cukai palsu. “Rokok ilegal ini tidak membayar cukai kepada negara, sehingga merugikan pendapatan negara. Rokok ilegal juga tidak ada standar kesehatan, sehingga bisa membahayakan masyarakat,” terangnya.

Melalui kegiatan ini, diharapkan mampu menumbuhkan kesadaran masyarakat terkait bahaya dan imbas peredaran rokok ilegal. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan mampu mengurangi peredaran rokok ilegal di Indonesia. (im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here