Waketum DPP Gerindra, Mochamad Irfan Yusuf. IM.com/Karimatul Maslahah/
Waketum DPP Gerindra, Mochamad Irfan Yusuf. IM.com/Karimatul Maslahah/

IM.com – Suhu politik pemilihan kepala daerah (pilkada) Kabupaten Jombang 2024, mulai menghangat.

Nama ketua asosiasi kepala desa (AKD) Jombang, Warsubi digadang-gadang menjadi calon tunggal yang bakal diusung partai Gerindra untuk maju sebagai bakal calon bupati Jombang, pada pilkada 27 November 2024, berdasarkan hasil rapat koordinasi DPC partai Gerindra.


Namun, partai besutan presiden terpilih Prabowo Subianto itu lebih mengutamakan kader internal yang maju menjadi bakal calon bupati (bacabup), dibandingkan calon dari non kader.

“Kita upayakan (kader internal), selama kita punya kader, kenapa harus orang lain,” kata Wakil Ketua Umum Bidang Agama, DPP Partai Gerindra, Mochamad Irfan Yusuf atau Gus Irfan, Senin (13/5/2024).

Belum Ada Mandat dari DPP Gerindra

Gus Irfan mengungkapkan, sejauh ini belum ada mandat dari DPP untuk menunjuk salah satu figur yang akan diusung oleh partai Gerindra, dalam kontestasi pilkada Kabupaten Jombang 2024.

“Dari (DPP) Gerindra belum turun mandatnya, tapi sudah ada upaya-upaya untuk mengusulkan. Salah satunya kemarin dengan adanya rakorcab Gerindra yang akan mengusulkan nama, ke DPD dan akan diteruskan ke DPP,” tuturnya.

Dari hasil rakorcab yang digelar DPC Partai Gerindra Kabupaten Jombang, dijelaskan Gus Irfan muncul beberapa nama selain Warsubi, yang diusulkan DPC ke DPD dan nantinya akan diteruskan kepada DPP Gerindra.

“Ada nama pak Warsubi juga. Tapi saya belum dapat laporan dari DPC hasil rakercab kemarin. Mungkin hari ini akan disampaikan ke saya,” katanya.

Meski tak mau menyebut nama-nama lain yang diusulkan untuk menjadi bacabup Jombang, ia mengaku partai Gerindra lebih mengutamakan mengusung kader internal untuk maju sebagai bacabup Jombang yang diusung nantinya.

Perlu diketahui, dalam rakorcab yang digelar DPC partai Gerindra Kabupaten Jombang pada, Minggu (12/5/2024) mengklaim nama Warsubi mendapatkan dukungan secara aklamasi dari 21 PAC Gerindra untuk maju sebagai bakal calon bupati periode 2024-2029.

Figur Warsubi selain sebagai pengusaha juga saat ini masih menjabat sebagai kepala desa Mojokrapak, Kecamatan Tembelang, Jombang. (rf/ima)

713

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini