Mlaku bareng santri sebagai Peringatan Haul Mbah Ilyas diikuti ribuan warga diberangkatkan Bupati Mojokerto

IM.com – Bupati Mojokerto Mustofa Kamal Pasa memberangkat peserta jalan Mlaku Bareng Santri dari halaman kediaman K.H. Khusen Ilyas, Desa Mojoranu, Kecamatan Sooko, Minggu (10/12-2017) pukul 07.00 WIB. Jalan santai yang rutin dilaksanakan setiap tahun.ini diikuti ribuan warga Kecamatan Sooko adalah haul wafatnya pendiri Pondok Pesantren Salafiyah Al Misbar, Mbah Ilyas yang merupakan sesepuh besar.

Sebagai pendiri Ponpes Salafiyah Al Misbar, Mbah Ilyas merupakan sosok yang sangat berjasa khususnya di bidang kemajuan ilmu pendidikan dan Islam. Semoga haul beliau yang kali ini, bisa kita jadikan pengingat dan acuan untuk terus berbuat baik dengan menebar manfaat bagi orang-orang sekitar,” jelas bupati dalam acara.

Haul juga sarat dengan manfaat bagi masyarakat umum dan generasi penerus para kyai. Setidaknya haul mampu meneguhkan perasaan hormat santri dan masyarakat sekitarnya akan peran dari shohibul haul. Pun menghadiri haul seorang kyai atau ulama, setara dengan meneguhkan silsilah atau mata rantai keilmuan.

Haul Mbah Ilyas ke-33 juga bermanfaat sebagai media dakwah kepada masyarakat umum. Karena pada umumnya, diantara rangkaian acara peringatan haul ada mauidzoh hasanah (siraman rohani) yang menceritakan perjuangan dan kebaikan shohibul haul (yang sedang dirayakan haulnya) agar diteladani, amar ma’ruf nahi munkar dan pembekalan bagi generasi muda dalam meneruskan estafet dakwah para alim ulama dan kyai sepuh. (ika/uyo)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here