IM.com – Bintara Pembina Desa Koramil 0815/06 Kemlagi Kodim 0815/Mojokerto Serda Khusairi Al Idrus melakukan pendampingan pengubinan padi pada Kelompok Tani (Poktan) Margo Utomo Dusun Jeruk Desa Tanjungan Kecamatan Kemlagi Kabupaten Mojokerto, Senin (05/02/2018).

Kegiatan pengubinan dilakukan bersama Petugas Penyuluh Lapangan Desa Tanjungan Joko, SP dan Ibu Ninuk, SP., serta Petugas BPS Kabupaten Mojokerto Iswanto Elly Pribadi, SE, di lahan milik Ibu Sriamah anggota Kelompok Tani (Poktan) Margo Utomo seluas 0,14 Ha.

Pengubinan ini dilakukan untuk menghitung secara cepat dan sederhana hasil panen produk pertanian seperti padi dan jagung, dalam luasan 1 hamparan (1 ha). “Pengubinan ini dilakukan pada tanaman padi yang sudah siap untuk dipanen,” ujar Joko PPL setempat.

Peralatan yang perlu disiapkan peralatan seperti bilah besi yang dirangkai sebanyak 4 buah dengan ukuran 2,5 m2, alat timbang dan buku panduan dari BPS untuk mencari random kotak ubinan yang akan diambil sebagai sample perhitungannya. Selain peralatan utama tersebut, juga harus disiapkan alat bantu lainnya seperti sabit/pemotong padi, alat perontok padi dan sak/kantong plastik.


Pada pengubinan di lahan Poktan Margo Utomo diperoleh hasil, luas ubinan 2,5 meter x 2,5 meter, panjang malai 22 cm, jumlah bulir 177, jumlah anakan 13 – 23, jumlah rumpun 169, Varietas padi jenis Ciherang, berat ubinan 6,1 Kg, hasil produktivitas 9,76 Ton dipotong 15% galengan/pematang = 8,3 Ton, Harga GKP 4700/Kg, harga GKG 6100/Kg.

Sementara di tempat berbeda, Danramil 0815/06 Kemlagi Kapten Inf Eko Wahyudi, mengungkapkan, kegiatan pendampingan yang dilakukan Babinsa di wilayahnya merupakan salah satu upaya khusus (Upsus) dalam mendukung dan mensukseskan program swasembada pangan di wilayah. “Pendampingan ini bentuk keseriusan Babinsa bersama PPL dalam mendukung dan mensukseskan program swasembada pangan di wilayah”, pungkas Danramil. (dim/uyo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here