Guru Geografi
Purwanto, S.Pd., M.Si., sedang membimbing para guru geografi dalam melakukan praktik aplikasi internet dalam pembelajaran materi SIG.

IM.com – Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Geografi SMA/MA Negeri/Swasta Kabupaten/Kota Mojokerto, menggelar Pelatihan Sistem Informasi Geografi (SIG). Acara yang digelar selama dua hari (5/5 – 6/5) diikuti sebanyak 32 guru pengampuh mapel Geografi.

Pelatihan SIG ini, tergelar atas kerjasama MGMP Geografi SMA/MA Kab/Kota Mojokerto dengan Jurusan Pendidikan Geografi Universitas Negeri Malang (UM). Pelaksanaan kegiatan bertempat di laboratorium IT SMAN 1 Puri.

Drs. Taufik Sasmito Adi, M.Pd., selaku pembina MGMP Geografi, dalam sambutannya menyatakan pentingnya kegiatan pelatihan SIG. Menurutnya, upaya pemutakhiran materi ajar dalam proses belajar mengajar akan mampu meningkatkan kualitas peserta didik.

“Semua guru wajib dan harus menguasai IT. Dalam pelajaran geografi, setidaknya ada materi penginderaan jauh dan SIG yang sangat membutuhkan media internet. Terobosan pengurus MGMP ini harus ditindaklanjuti agar mampu menyampaikan pelajaran yang inovatif, kreatif, dan menyenangkan bagi peserta didik,” ujar Taufik yang juga pengawas SMA di kantor Cabang Dinas Pendidikan Prov Jawa Timur Wilayah Kab./Kota Mojokerto itu.


Bertindak sebagai pemateri adalah Purwanto, S.Pd., M.Si., dosen Universitas Negeri Malang. Selain materi teori, seluruh guru dilatih bagaimana aplikasi materi SIG dengan menggunakan program khusus di internet. Guna memudahkan proses, Purwanto dibantu empat orang mahasiswanya dalam memfasilitatori para guru.

“Pelatihan ini memang khusus kami rancang untuk para guru geografi. Modul sudah kita berikan sekitar dua minggu sebelum pelatihan. Nah, selama dua hari ini hampir didominasi dengan praktik. Harapannya, guru dapat mengaplikasikan internet dalam pembelajaran SIG,” ujar Purwanto yang juga menjabat sebagai Kepala Laboratorium Geografi UM itu.

Hal senada juga dinyatakan ketua MGMP Geografi SMA/MA Kabupaten Mojokerto, Ana Rosita, S.Pd. Menurutnya, setelah pelatihan ini, semester depan akan dilakukan kunjungan langsung ke laboratorium geografi UM. Tujuannya untuk lebih memamahi sistem aplikasi SIG maupun penginderaan jauh.

“Kita sudah agendakan untuk ke UM semester depan. Sebagai pengampuh mapel Geografi, kita memang harus selalu update dan menguasai IT. Tujuannya agar kita bisa menjalankan proses pembelajaran yang lebih modern dan tentunya berbasis teknologi. SIG sendiri merupakan satu materi dalam mapel geografi yang sangat banyak menfaatnya bagi kehidupan sehari-hari,” ucap Ana Rosita yang juga guru di SMAN 1 Kutorejo.(use/uyo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here