Mucikari dan salah satu artis diamankan Tim Subdit Cyber Crime Polda Jatim saat melayani pelanggannya di sebuah hotel bintang lima di Surabyaya Sabtu (5/1/2019).

IM.com – Polda Jatim memastikan akan menjawab aspirasi publik untuk membongkar tuntas skandal prostitusi artis, termasuk identitas para pengguna (pelanggan) layanan seksualnya. Selain lewat barang bukti percakapan mereka lewat applikasi whatsapp (WA), polisi juga menjamin nama-nama pelanggan akan diungkap sendiri oleh mucikari, Endang ES) dan Tantri (TN) ke publik, Rabu besok (9/1/2019).

Dari hasil penyidikan terhadap kedua mucikari terungkap bahwa para pengguna layanan libido para artis ini kebanyakan kalangan pengusaha dan pejabat. Hanya orang berduit yang sanggup menikmati layanan esek-esek artis mengingat banderolnya yang fantastis, paling murah Rp 25 juta hingga yang termahal ratusan juta rupiah.

“Nanti (nama-nama pengguna) itu akan disampaikan oleh yang bersangkutan (mucikari). Ketika ES dan TN dimunculkan di depan sini (depan wartawan, red) semua pelanggannya akan bergetar,” kata Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Barung Mangera di Mapolda Jatim, Selasa (8/1/2019).

Barung menegaskan, kedua tersangka yang menjajakan 45 artis dan 100 model di bisnis prostitusi mereka bukanlah mucikari biasa. Untuk berinteraksi dan bertransaksi dengan pemesan para artis binaan, kata Barung, mucikari ini tak puas hanya berkomunikasi melalui whatssapp atau telepon, tetapi harus bertatap muka.

“Kalau (mucikari) biasa cukup lewat komunikasi WA. Tetapi ES dan TN harus tahu wajah dari pelanggannya. Mereka bisa bertemu saat mucikari mempersiapkan hotelnya, menunggu pengguna saat prostitusi. Jadi mereka tahu betul, hafal nama juga wajahnya,” ungkapnya.

Barung mengatakan, keuda mucikari ini dijadwalkan memberi keterangan pers di Mapolda Jatim, Rabu besok (9/1/2019).

Keterangan kedua mucikari ini akan diperkuat dengan bukti percakapan mereka dengan artis binaan dan para pelanggannya melalui WA. Percakapan transaksi bisnis esek-esek ini akan dibeber ke publik setelah tim digital forensic membongkar data di ponsel milik mucikari serta dua artis Vanessa Angel dan Avriellia Shaqqila.

“Dari situ akan terjawab, siapa saja penggunanya akan terlihat. ES tahu betul siapa-siapa pelanggannya, siapa-siapa yang dilayani dengan data yang sudah disampaikan,” katanya. 

Kabid Humas mengatakan, data digital forensic itu baru akan keluar sekitar 1 sampai 3 pekan ke depan.

“Tunggu 1 sampai minggu, percakapan mucikari dengan siapa saja, transaksi prostitusi dimana saja dan apa yang dibicarakan semuanya akan terungkap,” tutur Barung. Dari data itu pula, Barung meyakini identitas 45 artis dan 100 model jaringan mucikari ES dan TN uga akan terungkap. (Baca: Mucikari Vanessa Jajakan 45 Artis dan 100 Model ke Pengusaha hingga Pejabat).

“Digital forensik ini dalam rangka menjawab nantinya terhadap kebutuhan informasi yang diinginkan publik,” pungkasnya. (im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here