Tim penyidik KPK melakukan penggeledahan di kantor Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Pemprov Jawa Timur di Jalan Johar No 19-21 Surabaya dan rumah Kepala BPKAD di kawaqsan Gayungsari.

IM.com – Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi melanjutkan penggeledahan terkait kasus suap pengesahan APBD-Perubahan Kabupaten Tulungagung. Hari ini, Kamis (8/8/2019), tim antirasuah menggeledah kantor Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Pemprov Jawa Timur di Jalan Johar No 19-21 Surabaya.

Penggeledahan kali ini dibagi menjadi 2 tim. Tim pertama mendatangi rumah kepala BPKAD  di kawasan Gayungsari, Surabaya sekitar pukul 17.00 pada sore tadi. Pada saat bersamaan, tim kedua bergerak menggeledah di kantor BPKAD.

“Dibagi 2 tim sore tadi di sana (rumah Kepala BPKAD) ini malam di sini (kantor BPKAD),” kata petugas saat berjaga di pintu kantor kepada wartawan, Kamis (8/8/2018). 

Dari pantauan di lokasi, tiga kendaraan petugas KPK terlihat diparkir di halaman kantor BPKAD Jatim. Dua di antaranya merupakan mobil yang dipakai penyidik ke rumah Kepala Dishub Jatim Fattah Jasin, Rabu malam kemarin (7/8/2019).

Tampak empat polisi mengenakan rompi antipeluru dan memegang senjata laras panjang siaga berjaga selama penggeledahan berlangsung.

Penggeledahan ini rangakaian dari kegiatan serupa yang dilakukan penyidik KPK di Surabaya, kemarin. Tim penyidik menggeledah tiga lokasi di Jawa Timur terkait kasus dugaan suap pengesahan APBD dengan tersangka Ketua DPRD Tulungagung Supriyono.


Tiga tempat yang digeledah KPK di Surabaya kemarin adalah Kantor Dinas Perhubungan Jatim di Jalan A Yani, kediaman mantan Sekdaprov Ahmad Sukardi serta rumah eks Kepala Dishub & LLAJ Jatim Fattah Jasin di Jalan Nginden Intan Tengah. (Baca: KPK Geledah Rumah Mantan Sekda Jatim dan Kantor Dishub).

Dari penggeledahan di tiga tempat hingga pukul 20.30 WIB, tim KPK keluar dengan membawa satu koper dan satu kardus, diduga berisi dokumen.

“Kami menyita sejumlah dokumen-dokumen terkait dengan penganggaran karena pokok perkara di kasus yang melibatkan DPRD Tulungagung,” kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah kepada wartawan, Kamis (8/8/2019).

Sebelumnya, KPK juga menggeledah rumah mantan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Pemprov Jatim, Budi Setiawan, di Bhakti Husada III/4 Surabaya pada Kamis malam, 11 Juli 2019. Komisaris Bank Jatim itu juga sudah diperiksa. Penggeledahan dan pemeriksaan dilakukan juga terkait kasus sama. (im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here