Karyawan Pabrik Gitar PT Cort Indonesia Baksos Air Bersih ke Desa Manduro-Ngoro
Warga Dusun Gajah Mungkur dan Dusun Buluresik sangat senang mendapat bantuan air bersih dari karyawan PT Cort Indonesia karena kondisi sumber air sangat sedikit sementara pasokan dari luar tidak ada. Foto : Arifin

IM.com – Kekeringan yang melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Mojokerto menarik kepedulian karyawan PT Cort Indonesia. Pekerja pabrik gitar itu menggelar bakti sosial (baksos) dengan menyalurkan bantuan air bersih ke Dusun Gajah Mungkur dan Buluresik, Desa Manduro Manggung Gajah Kecamatan Ngoro, Kamis (22/10/2020) pagi.

Baksos ini berangkat dari inisiatif sejumlah petinggi dan staf PT Cort Indonesia melihat kondisi warga Desa Manduro Manggung Gajah yang mengalami krisis air bersih dalam beberapa waktu terakhir.  Dari situ, ia bersama beberapa manajer divisi lain yang menjadi inisiator baksos mengajak karyawan lain untuk turut memberikan sumbangsih.

Pekerja pabrik gitar itu menggelar bakti sosial (baksos) dengan menyalurkan bantuan air bersih ke Dusun Gajah Mungkur, Desa Manduro Manggung Gajah Kecamatan Ngoro
Pekerja pabrik gitar itu menggelar bakti sosial (baksos) dengan menyalurkan bantuan air bersih ke Dusun Gajah Mungkur, Desa Manduro Manggung Gajah Kecamatan Ngoro. Foto : Arifin

“Sekitar dua ribu karyawan yang prihatin dengan bencana kekeringan sukarela patungan memberi sumbangan. Donasi yang terkumpul lalu disalurkan dalam bentuk bantuan air bersih kepada warga Desa Manduro,” kata perwakilan karyawan PT Cort Indonesia, Abdul Rosyid kepada inilahmojokerto.com.

Menurut Rosyid, Dusun Gajah Mungkur dan Buluresik, Desa Manduro Manggung Gajah sengaja dipilih sebagai lokasi baksos karena wilayah tersebut belum tersentuh bantuan sama sekali. Sementara desa lain di sekitarnya yang juga mengalami kekeringan sudah menerima bantuan dari pihak lain.

“Saat kami survei, sumber air bersih di Dusun Gajah Mungkur dan Buluresik itu sangat sedikit sementara pasokan dari luar tidak ada. Jadi kita tawarkan ke teman-teman karyawan untuk menyalurkan bantuan ke situ. Karena desa lain sekitarnya sudah lebih dulu mendapat bantuan,” tuturnya.

Rosyid mengatakan, sebetulnya PT Cort dan karyawannya sering menggelar baksos dari dana patungan. Antara lain memberi bantuan perlengkapan untuk sekolah hingga melakukan bedah rumah.

Hanya untuk baksos kali ini, ungkap Rosyid, tidak seperti biasanya. Mengingat aksi peduli yang dikoordinatori Achmad Syaikhu sekarang dilakukan untuk membantu warga yang terdampak kekeringan.

“Karena terkait bencana, jumlah donasi yang terkumpul lebih besar daripada biasanya. Sehingga bantuan yang bisa disalurkan kepada warga juga lebih banyak. Kita sudah siapkan 23 tangki air bersih. Jumlah tersebut didistribusikan 3 tangki per hari,” ujar Manajer Deluxe perusahaan yang berlokasi di perusahaan yang berlokasi di kawasan Ngoro Industri Persada (NIP) Blok G 5-6 itu.

Bantuan air bersih ini membuat warga dua dusun di Desa Manduro Manggung Gajah sangat senang. Wah sangat senang sekali. dan tidak menduga jika bantuan air bersih ini dari karyawan pabrik gitar,” tutur Lilik warga Dusun Buluresik.

Kepala Dusun Buluresik Muhaji Wijaya, menyebut ada 750 kepala keluarga di wilayahnya. Mereka sangat membutuhkan air bersih. “Kondisinya sudah sangat kritis kebutuhan air di daerah sini. Atas nama warga, kami mengucapkan terimakasih bantuan air berish dari saudara-saudara kita karyawan PT Cort Indonesia,” tandasnya. (im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here