Bupati Ikfina Fahmawati mengapresiasi lomba kolase dan fashion show anak-anak yang digelar Himpunan Pendidik Pos Paud (HP3) bekerja sama dengan Dinas Pendidikan di Pendopo Graha Maja Tama, Kamis (10/3/2022).

IM.com –  Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati menghadiri secara langsung grand final lomba kolase dan fashion show yang digelar Himpunan Pendidik Pos Paud (HP3) bekerja sama dengan Dinas Pendidikan. Kegiatan itu menjadi ajang bagi anak-anak mengaktualisasikan bakat dan kreativitas dalam pose yang menggemaskan.

Kabupaten MojokertoLomba kolase dan fashion show yang diadakan Himpunan Pendidik Pos Paud (HP3) bekerja sama dengan Dinas Pendidikan sampai pada puncak acara grand final pada Kamis (10/3/2022). Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati mengapresiasi kontes ini karena dapat melahirkan dan membentuk SDM unggul.

Grand final lomba Kolase dan Fashon Show yang mengusung tema pengembangan kreativitas pendidikan anak usia dini melalui pola pengasuhan bersama digelar di Pendopo Graha Maja Tama, Kamis (10/3/2022). Dalam sambutannya, Ikfina mengapresiasi dengan baik atas diselanggarakan kegiatan grand final lomba kolase (mamamia) dan fashion show (papamia) dalam rangka menjalin silahturahmi dan pendidik memberikan kesempatan bagi anak-anak menunjukkan kreativitasnya.

“Hari ini kita menyaksikan komitmen kita dalam pendidikan anak usia dini (PAUD) bersama HP3 Kabupaten Mojokerto, Dinas pendidikan dan Jawa Pos Radar Mojokerto atas diselenggarakannya lomba dapat merangsang Motorik, memupuk keberanian, dan rasa percaya diri guna mengekspresikan dalam menunjukan kreativitasnya,” jelas Ikfina.


Melalui lomba ini diharapkan dapat melahirkan sumber daya manusia yang baik. Bupati menyampaikan, anak masa depan negara dan dapat diibaratkan seperti kristal tipis yang mudah retak. Oleh karena itu, menurutnya, peran ayah dan ibu sangat sangat penting dalam perkembangan holistik anak.

“Jangan sampai kita berikan pengalaman negatif kepada anak-anak kita dari perilaku, tatapan mata hingga ekspresi wajah kita karena sangat melekat dan teringat pada memorinya. Sebagai orang tua sangat penting memberikan stimulasi yang baik dan menjaga anak-anak kita untuk membangun sel-sel otak berkembang dengan baik,” tuturnya.

Ikfina mengatakan, lahirnya generasi muda yang berkualitas dan berintegritas dalam beberapa tahun mendatang akan membentuk SDM unggul yang dapat menjadi kado  satu abad Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 2025 nanti. Terkait SDM berkualitas, lanjutnya, hal itu bisa tercapai dengan cara menyiapkan SDM dimulai sebelum konsepsi, dari calon ayah dan calon ibu serta saat ibu hamil diawali konsepsi.

“Kita punya tugas memberikan kado untuk bangsa dan negara kita pada tahun 2045 pada saat ulang tahun yang ke 100 dengan SDM yang berkualitas. Maka upaya pemerintah dengan berbagai program tidak hanya bidang pendidikan tetapi juga kesehatan gizi dan pengasuhan untuk mencengah stunting pada anak,” tuturnya.

Setelah memberikan sambutannya, Ikfina memberikan langsung hadiah kepada para pemenang lomba kategori fashion show (papamia) dengan peringkat 3 didapatkan oleh Kecamatan Bangsal, untuk juara 2 Kecamatan Trawas, dan untuk juara 1 diraih Kecamatan Sooko, sedangkan untuk kategori lomba kolase juara 3 diperoleh Kecamatan Jatirejo, untuk juara 2 didapatkan Kecamatan Ngoro, dan juara 1 diraih oleh Kecamatan Trowulan.

Turut mendampingi Bupati Ikfina, Kepala Dinas Pendidikan, Ketua TP PKK, Ketua Dhama Wanita Persatuan, Direktur Jawa Pos Radar Mojokerto, Pimpinan Bank Jatim Cabang Mojokerto, Ketua HP3 Kabupaten Mojokerto, Ketua IGTKI, Ketua IGRA, Ketua HIMPAUDI Kabupaten Mojokerto. (im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here