Ilustrasi tindak pidana penipuan.

IM.com – Penipu mengatasnamakan putra kiai karismatik asal Mojokerto, KH Khusain Ilyas, Mojokerto, memperdayai warga Kabupaten Jombang. Pelaku mengaku bernama H Munir meminta sejumlah uang dengan alasan untuk biaya hajatan.

Modus operandi pelaku dengan mendatangi rumah-rumah warga di Dusun Kalianyar, Desa Jogoroto, Kecamatan Jogoroto, Kabupaten Jombang. Dengan berpura-pura sebagai anak KH Khusain Ilyas, ia langsung meminta uang sumbangan untuk biaya hajatan, kepada pemilik rumah.

“Dia bertamu ke rumah, mengaku anak dari KH. Khusain Ilyas Mojokerto, kemudian meminta uang untuk biaya hajatan,” kata salah satu korban, Siti Marsikah pada Sabtu (16/7/2022).

Nama besar dan sosok karismatik KH Khusain Ilyas rupanya membuat Masrikah percaya begitu saja. Tanpa menaruh curiga, korban langsung memberikan uang sesuai yang diminta pelaku sebesar Rp 200 ribu.


“Mintanya langsung dan berjanji akan kembali lagi bawa makanan hajatan, tapi sampai hari ini belum ada kabar,” ungkap Marsikah.

Tak hanya Siti Marsikah, warga lain, Abdul Alwi, juga tertipu oleh Munir karena mencatut nama kiai karismatik KH Khusain Ilyas. Jumlah uang yang diberikan kepada pelaku pun sama, yakni Rp 200 ribu.

“Saya juga di minta Rp 200 ribu. Padahal tetangga banyak yang sudah bilang (mengingatkan), tapi saya percaya karena mengatasnamakan KH. Khusain Ilyas,” jelas Abdul Alwi. (im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here