Habib Husein Ja'far Al Hadar memberi tausiyah dalam pengajian umum peringatan Hari Santri Nasional yang dihadiri Bupati Ikfina Fahmawati dan jajaran Forkopimda di halaman Makam Syekh Jumadil Kubro, Trowulan, Kamis (27/10/2022) malam. 

IM.com – Festival Al Banjari menyemarakkan peringatan Hari Santri Nasional tahun 2022 di Kabupaten Mojokerto. Acara juga berlangsung khidmat dengan kehadiran Habib Husein Ja’far Al Hadar yang memberi tausiyah dalam pengajian umum di halaman Makam Syekh Jumadil Kubro, Trowulan, Kamis (27/10/2022) malam.

Kepala Dinas Kebudayaan Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Kabupaten Mojokerto, Norman Handhito menjelaskan, rangkaian kegiatan peringatan Hari Santri Nasional tahun 2022 di Kabupaten Mojokerto berlangsung selama dua hari. Menurutnya, kegiatan ini merupakan yang pertama kali diadakan Pemkab Mojokerto untuk memeriahkan Hari Santri Nasional.

“Kegiatan hari pertama, kemarin, adalah Festival Al Banjari yang diikuti kurang lebih 50 grup. Hari kedua, yaitu hari ini, adalah pengajian umum dengan pembicara Habib Husein Ja’far Al Hadar,” ungkapnya.

Mantan Camat Dawarblandong ini  berharap, kegiatan yang sumber anggarannya dari APBD ini bisa terus diadakan secara rutin dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional.

“Kami berharap agar tradisi memperingati Hari Santri Nasional tetap bisa kami laksanakan rutin, sehingga apa yang kita upayakan nanti bisa membawa suasana-suasana menghormati para ulama kita yang telah memperjuangkan merebut kemerdekaan kita,” harapnya.

Sementara itu, Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati mengatakan, dengan perjuangan para santri yang sudah terbukti dalam sejarah yakni memperjuangkan kemerdekaan bisa terus diteladani. Dengan teladan itu, menurutnya, para santri di masa kini bisa berkontribusi dalam pembangunan bangsa dan negara.

“Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka peringatan Hari Santri Nasional 2022, yang membawa tema, ‘Santri Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan’. Tema ini maknanya, bagaimana para santri yang dalam sejarah telah terbukti berjuang merebut dan mempertahankan kemerdekaan, saat ini para santri diharapkan untuk tetap ambil peran utama dalam pembangunan, mengabdikan diri kepada bangsa, negara, dan masyarakat,” ujarnya.

Bupati Ikfina pun mengucapkan terima kasih kepada para peserta Festival Al Banjari karena telah turut memeriahkan peringatan Hari Santri Nasional 2022. Kepada para juara Festival Al Banjari, Ikfina berpesan untuk tetap berkreasi lebih baik lagi.

“Terima kasih juga pada para peserta Festival Al Banjari, tentu yang juara ini adalah grup-grup banjari terbaik kebanggaan Kabupaten Mojokerto. Mudah-mudahan tetap dilanjutkan kegiatan banjarinya dengan kreasi dan inovasi yang lebih baik lagi dan lebih bisa diterima masyarakat para santri sehingga bisa menjadi bagian dari syiar agama Islam,” tuturnya.

Ikfina pun juga berterima kasih dan menyambut kehadiran Habin Husein Ja’far Al Hadar di Kabupaten Mojokerto dengan hangat. Bupati Ikfina berharap, melalui kegiatan ini, Tuhan senantiasa memberikan hidayah, kekuatan serta bimbingan kepada seluruh masyarakat serta para pejabat di Kabupaten Mojokerto.

“Terima kasih Habib Husein berkenan hadir di tengah-tengah kita, mudah-mudahan Allah selalu memberi hidayah, kekuatan dan bimbingan kepada kita semuanya. Sehingga pada momentum Hari Santri Nasional 2022 ini, bersama para santri kebanggaan Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur dan Indonesia, kita bersama-sama membangun bangsa negara tercinta Indonesia,” pungkasnya.

Kegiatan pun dilanjutkan dengan pengajian umum yang dibawakan langsung oleh Habib Husein Ja’far Al Hadar dan diikuti olehntamu undangan serta masyarakat Kabupaten Mojokerto. (im)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini