Dirlantas Polda Jatim, Kombespol Komarudin saat dimintai keterangan di Mapolres Jombang. IM.com/Karimatul Maslahah/
Dirlantas Polda Jatim, Kombespol Komarudin saat dimintai keterangan di Mapolres Jombang. IM.com/Karimatul Maslahah/

IM.com – Polisi melakukan olah TKP lokasi kecelakaan rombongan pelajar SMP PGRI Wonosari, Malang di tol Jombang-Mojokerto (Jomo) KM 695+400. Dari lokasi kejadian ditemukan bekas pengereman sepanjang 69 meter.

“Dari hasil olah TKP yang kita temukan ada bekas jejak rem bus sepanjang 69 meter, kemudian dari titik tabrak, pengereman truk hingga posisi akhir berhenti itu 188,2 meter,” ujar Dirlantas Polda Jatim, Kombespol Komarudin. Rabu (22/5/2024).

Dari hasil olah TKP, pihaknya menyimpulkan bahwa bus pariwisata Bimorio nopol W 7422 UP yang dikendarai Yanto (36) melaju dengan kecepatan tinggi sehingga seruduk truk Mitsubishi nopol N 9674 UH yang dikendarai Arif Yulianto (37). Akibatnya 2 penumpang tewas dan 14 orang luka ringan.

“Dapat kami simpulkan bahwa bus dalam kecepatan tinggi, kejadian juga terekam CCTV,” jelasnya.

Selain ada pengereman, kata dia, mengukur jarak titik benturan dan menganalisa siapa yang menyebabkan terjadi kecelakaan.

“Melakukan olah TKP. Ini untuk bahan penyelidikan, siapa yang bertanggung jawab yang menyebabkan terjadinya kecelakaan,” ujarnya.

Kini, bangkai bus dan truk yang terlibat kecelakaan diamankan di Satlantas Polres Jombang.

Diberitakan sebelumnya, usai study tour ke Yogyakarta bus yang mengangkut puluhan pelajar SMP PGRI Wonosari, Malang terlibat lakalantas dengan truk Mitsubishi nopol N 9674 UH di KM 695+400 jalur tol Jomo. (ima)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini