Sapi kurban milik Presiden Jokowi yang dibeli dari Gresik, Jawa Timur.

IM.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyumbang sapi kurban asal Jawa Timur seberat 1,5 ton ke Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat. Sapi itu untuk dikurbankan saat Hari Raya Idul Adha 1437 Hijriah yang jatuh pada hari ini, Senin (12 September 2016).

Sapi sumbangan Jokowi tersebut berjenis PO (Peranakan Ongole) dengan tinggi badan 189 centimeter, tinggi punuk 170 centimeter dan panjang 277 centimeter.  Sementara itu, untuk sapi sumbangan dari Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) yang juga akan dikurbankan di Masjid Istiqlal seberat 1,3 ton.

Jokowi menyumbangkan satu sapi di setiap provinsi di Indonesia. Pengadaannya difasilitasi oleh masing-masing dinas terkait di daerah tersebut. Khusus untuk di Jakarta, pengadaan sapi dibantu oleh Dinas Kelautan, Perikanan dan Ketahanan Pangan (KPKP) Provinsi DKI Jakarta.

Kepala Dinas KPKP Provinsi DKI Jakarta, Darjamuni, mengungkapkan bahwa pihaknya diminta oleh Sekretariat Negara untuk mencari sapi lokal terbesar di daerah tersebut. Selain itu, pihaknya juga diminta memeriksa sapi-sapi tersebut.

“Total ada dua sapi kurban yang kami cari untuk presiden, satu di Masjid Istiqlal, satu lagi di Rusunawa Daan Mogot,” kata Darjamuni, Minggu (11/9/2016).

Untuk berat sapi kurban di Rusunawa Daan Mogot hampir mencapai 1 ton juga berasal dari Jawa Timur. Pemilihan tempat kurban di Rusunawa Daan Mogot, kata Darjamuni, ditentukan oleh Gubernur DKI Jakarta.

Di Jawa Timur sendiri, Jokowi menyumbang sapi kurban seharga Rp 70 juta dengan berat 1,1 ton. Sapi-sapi yang dikurbankan Jokowi tersebut dibeli dari Sholeh, seorang peternak warga Desa Panceng, Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

“Sapi kurban Pak Presiden ini kami carikan yang terbaik. Nantinya, akan disembelih bersamaan dengan sapi kurban milik Bapak Gubernur dan Wagub di Masjid Al Akbar Surabaya,” tutur Kabiro Administrasi Kesmas Setdaprov Jawa Timur, Bawon Adiyitoni.

Bawon juga menungkapkan, bahwa sapi kurban milik Gubernur Jawa Timur Soekarwo jenisnya Simental dengan berat 950 kilogram. Banderol harga sapi berkisar Rp 65 juta.

“Sapi itu dibeli dari peternak langganan Pak Gubernur, Pak Kusnan asal Bojonegoro,” ujar Bawon.

Sedangkan untuk sapi yang kurbankan Wakil Gubernur Jatim  Saifullah Yusuf berjenis Limousin dengan bobot 850 kilogram. Harganya sekitar Rp 60 juta. (bkn/bbs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here