Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin menyebut jumlah personil Polri di wilayah Polda Jatim masih jauh dari ideal.

IM.com – Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin menyebut jumlah personil Polri di wilayah hukum Polda Jawa Timur masih jauh dari ideal. Tak pelak saat ini terjadi kekurangan personil.

Hal itu disampaikan Machfud usai menghadiri Upacara Pembukaan Pendidikan Pembentukan Bintara Polri Tugas Umum tahun anggaran (TA) 2017 di SPN Bangsal, Mojokerto.

“Jumlahnya tidak seimbang dengan jumlah penduduk. Apalagi dikurangi dengan jumlah personil yang pensiun, tambahan 700 personil ini tidak ada artinya apa-apa. Idealnya, minimal 1 banding 600, tapi saat ini jauh dari kata ideal,” kata Machfud, Rabu (9/8/2017).

Dia menjelaskan, di tahun ajaran 2017 terdapat 10 ribu calon Polri yang mendaftar di Polda Jatim. Mulai dari akpol, bintara, tamtama, bintara umum dan IT. Menurut dia, ini merupakan awal pendidikan sebagai calon Polri. “Yang di sini yakni polisi tugas umum ada 711 personil,” terangnya.


Nantinya, tambah Machfud, lulusan Bintara Polri Tugas Umum di SPN akan diserahkan ke Polda Jatim. Menurut dia, Polda sendiri saat ini kekurangan personil.

“Jumlah personil di Polda Jatim tidak seimbang dengan jumlah penduduk di Jawa Timur, seharusnya personil ada tapi riilnya 70 persen kurang,” tandasnya. (ning/Uyo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here