Upacara Bendera
inspektur upacara adalah Bintara Pembina Desa (Babinsa) Serma Hari Suyanto yang ditugaskan dari kesatuannya

IM.com – Salah satu agenda rutin setiap sekolah di hari Senin adalah menggelar upacara bendera yang mewajibkan seluruh siswa untuk mengikuti,sementara kepala sekolah bertindak sebagai inspektur upacara untuk menyampaikan pesan-pesan penting.

Begitu halnya yang berlangsung di MadrahTsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) Al-Mustofa, Desa Canggu Kecamatan Jetis Kabupaten Mojokerto, Senin (07/05/2018). Namun pada hari itu yang bertindak sebagai inspektur upacara adalah Bintara Pembina Desa (Babinsa) Serma Hari Suyanto yang ditugaskan dari kesatuannya, Koramil 07/Jetis.

Di tengah berlangsungnya upacara, Hari Suyanto menuturkan bahwa dalam pelaksanaan upacara bendera terkandung misi untuk menanamkan cinta tanah air. Hal itu tersurat pada kewajiban menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, penghormatan pada Sang Saka Merah Putih serta pembacaan falsafah negara, Pancasila secara bersama-sama.

Suyanto menerangkan, “hendaknya para siswa menghayati semua ucapan yang dilakukan saat membawakan lagu kebangsaan, penghormatan pada bendera nasional serta teks falasah negara. Dengan penghayatan yang baik, maka hal itu akan menjadi pengingat dalam melakukan aktivitas keseharian.”


Turut serta dalam upacara tersebut diantaranya Kepala Sekolah MTS Al Mustofa Taufiqurahman, S.Pd.I, para Guru Yayasan Al-Mustofa, 200 siswa serta lima personil Babinsa. Selain memimpin upacara, tim Babinsa juga membimbing latihan baris berbaris dan outbond. Para siswa juga dikenalkan dengan Simokos, sebuah motor roda tiga yang dimodifikasi menjadi kepustakaan yang memuat beragam bacaan.

Kepala Sekolah Taufiqurahman mengatakan, pihaknya sangat berterima kasih atas kehadiran para Babinsa Koramil Jetis yang telah memberikan motivasi kepada peserta didik untuk menjadi generasi muda bangsa yang berkualitas. Dia berharap, kerja sama yang sudah terbangun dengan Koramil Jetis akan terus berlangsung guna membantu membimbing siswa-siswi agar menjadi generasi yang baik.(dim/uyo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here