Kemenangan Ning Ita Rizal di Pilwali Mojokerto 2018, Kaji Jak Ikut Menentukan
Pasangan Ning Ita Rizal unggul dalam penghitungan suara di TPS

IM.com – Perhelatan pemilihan wali kota Mojokerto 2018 sudah selesai di tahapan penghitungan surat suara di tempat pemungutan suara (TPS). Dari empat pasangan calon, Ika Puspitasari-Achmad Rizal Zakaria (Ning Ita Rizal ) nomer urut 4 mengklaim mendapat perolehan suara lebih unggul.

Perolehan suara dari 219 TPS dengan jumlah DPT 96.132 Ning Ita Rizal mendapatkan suara 31 persen atau 23.822 suara. Itu klaim hasil dari penghitungan tim Ning Ita Rizal. Sedangkan hasil penghitungan cepat yang dilakukan DPC PDI-P Kota Mojokerto di kantornya Jalan Tropodo, Kecamatan Magersari, Rabu (27/06-2018) perolehan suara Ning Ita Rizal adalah 31,74 persen.

Sementara penghitungan suara yang dilakukan tim Ning Ita Rizal, untuk perolehan suara pasangan Akmal Boedianto-Rambo Garudo nomor urut 1 adalah 19.607 suara atau 25 persen. Andy Soebjakto Molanggato-Ade Ria Suryan nomer urut 2 mendapat 19.717 suara atau 26 persen. Sedangkan Warsito-Moeljadi nomer urut 3 perolehannya 8.954 suara atau 12 persen.

Ning Ita mengatakan, hasil penghitungan suara berdasarkan data dari formulir C 1. Ning Ita menyakni penghitungan dengan cara meng imput dari formulir C 1 hasilnya lebih akurat. Apalagi TPS jumlahnya hanya 219.


Hasil penghitungan suara yang dilakukan tim Ning Ita berbeda dengan penghitungan suara pada DPC PDI-P Kota Mojokerto. Yakni, Akmal Boedianto-Rambo Garudo paslon nomer urut 1 memperoleh suara 28,84 persen, Andy Soebjakto Molanggato-Ade Ria Suryani nomer urut 2 mendapat suara 26,89 persen, Warsito-Moeljadi nomer urut 2 mendapat suara 12,84 persen. Ning Ita Rizal mendapat suara 31,74 persen. Hasil tersebut dari suara masuk sebanyak 63,47 persen.

Kendati sudah final penghitungan yang dilakukan timnya, Ning Ita mengatakan untuk hasil resmi masih menunggu hasil perhitungan yang akan dilakukan KPU Kota Mojokerto.

Kemenangan Ning Ita Rizal menjadi hentakan publik politik dalam Pilwali Mojokerto 2018. Paslon yang melaju melalui Partai Golkar dan Partai Gerindra ini aroma memenangkan dalam perhelatan Pilwali Mojokerto 2018 mulai nampak pada putaran akhir.

Kemenangan Ning Ita Rizal juga bagian strategi politik di medan perkotaan yang digulirkan H. Jakfaril, ayah Ika Puspitasari dan Mustofa Kamal Pasa. Sejumlah pemerhati politik Mojokerto menyebut kemenangan Ning Ita yang berpasangan dengan Rizal tak lepas dari peran H. Jakfaril. ‘Kaji Jak ikut menentukan kemenangan Ita Rizal’

Argumen itu disampaikan secara beralasan, bahwa H. Jakfaril adalah seorang yang pernah menduduki sebagai lurah. Maka politik dalam pemilihan lurah sangat dipahami. H. Jakfaril masuk kategori seorang miliarder. Konsep politik H. Jakfaril pun terbukti dalam mencetak Mustofa Kamal Pasa menjabat Bupati Mojokerto dalam dua periode.

Tim politik keluarga besar Tampung, sebutan popular keluarga H. Jakfaril yang tinggal di Desa Tampungrejo Kecamatan Puri itu dikenal handal. Maka saat dipadukan dengan tim Ning Ita Rizal mampu menyakinkan warga Kota Mojokerto untuk mendukung Ika Puspitasari-Achmad Rizal Zakaria duduk di kursi sebagai Wali Kota dan Wakil Walikota Mojokerto dalam Pilwali 2018.

Kini, publik tinggal menunggu rekapitulasi hasil penghitungan suara Pilwali Mojokerto 2018 yang akan dilakukan KPU Kota Mojokerto pada tanggal 4 atau 5 Juli mendatang. (uyo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here