Dandim 0815 Ikut Apel Antisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan
Apel Bersama Antisipasi Karhutla (Kebakaran Hutan dan Lahan) Tahun 2018 di BKPH Kemlagi Desa Mojowono Kecamatan Kemlagi Kabupaten Mojokerto

IM.com – Komandan Kodim 0815 Mojokerto, Letkol Kav Hermawan Weharima, SH menghadiri Apel Bersama Antisipasi Karhutla (Kebakaran Hutan dan Lahan) Tahun 2018 di BKPH Kemlagi Desa Mojowono Kecamatan Kemlagi Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Rabu (15/08/2018).

Apel bersama antisipasi Karhutla tersebut, Kapolres Mojokerto Kota AKBP Sigit Deny Setiyono, SH, S.IK, MSc (Eng) selaku Irup, dalam amanatnya menyampaikan, apel bersama ini sebagai bentuk kesiapsiagaan yang ditindaklanjuti dengan kegiatan patroli secara terpadu.

Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) bisa terjadi karena gesekan pohon dan kesengajaan yang dilakukan seseorang. Kebakaran biasanya disebabkan oleh seseorang yang sedang membakar dan meninggalkannya begitu saja tanpa memastikan kondisi api, apakah sudah benar-benar mati.

Untuk mencegah Karhutla perlu koordinasi yang komprehensif, untuk itu setelah apel ini diharapkan agar Tiga Pilar dan instansi terkait sering koordinasi dan saling bahu membahu guna mengantisipasi Karhutla yang berakibat menggangu/mencemari udara.

Kapolres juga meminta kepada petugas Perhutani, BPBD, TNI, Polri, LMDH dan seluruh instansi terkait agar siaga dan memastikan peralatannya siap digunakan.

Usai apel bersama dilanjutkan simulasi pemadaman kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Tampak pula Dandim 0815, Kapolres Mojokerto Kota, Ketua Pelaksana BPBD, Wakapolres Mojokerto Kota dan Pabin Polhut terjun langsung dalam simulasi pemadaman kebakaran.

Hadir dalam kegiatan apel bersama antara lain Dandenpom V/2 Mojokerto Letkol Cpm Rudi Widiyasmoko, SH, Wakapolres Mojokerto Kota Kompol Hadi Prayitno, SH, Ketua Pelaksana Harian BPBD Kabupaten Mojokerto Drs. H. Moh. Zaini, ST, M.Si, MT., Camat dan Danramil wilayah Gedeg, Kemlagi, Jetis dan Dawarblandong, Para Kapolsek jajaran Polres Mojokerto Kota, Pabin Polhut Heri Sih Pinuji dan undangan.

Sedangkan untuk peserta apel sekitar 300 orang, yakni 1 Regu Denpom V/2 + Subgar Mojokerto, 1 Regu Kodim 0815 Mojokerto, 1 SST Polres Mojokerto Kota, 1 SST Polsek jajaran, 1 SST Satlantas, 1 SST Satintelkam dan Reskrim, 1 SST Polhut, 1 Regu Satpol PP Mojokerto, 1 SST Damkar BPBD Kabupaten Mojokerto, 1 Regu Security PG Gempolkrep dan 1 Regu LMDH. (dim/uyo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here