Empat atlet Basket Jepang yakni Yuya Nagayoshi, Takuya Hashimoto, Takuma Sato, dan Keita Imamura.

IM.com – Kontingen Jepang memulangkan empat atlet tim bola basket putra dari gelaran Asian Games 2018 di Jakarta. Mereka dipulangkan setelah kepergok berbuat mesum dengan empat perempuan di sebuah hotel usai menjalani pertandingan pada Kamis (16/8/2018) malam lalu.

Kepala kontingen Jepang Yasuhiro Yamashita menceritakan, keempat atlet itu disebut meninggalkan Kampung Atlet untuk makan malam di restoran Jepang setelah menjalani pertandingan pada Kamis lalu. Mereka adalah Yuya Nagayoshi, Takuya Hashimoto, Takuma Sato, dan Keita Imamura.

Keempat atlet negeri Sakura itu diduga terbujuk calo di jalan. Setelah berbincang dengan seseorang yang tak diketahui identitasnya itu, keempat atlet ini kemudian pergi ke hotel dengan wanita dan berbuat asusila.

“Saya sungguh merasa malu. Kami sungguh-sungguh minta maaf dan berniat memberi arahan menyeluruh kepada atlet mulai sekarang. Saya dengan kerendahan hati meminta maaf kepada publik Jepang, JOC, dan semuanya yang mendukung basket atas insiden menyedihkan ini,” ujar, Yasuhiro Yamashita.


Hal ini seakan mengulang insiden pada Asian Games 2014 Incheon. Empat tahun lalu, JOC juga terpaksa mengirim pulang satu atlet dari cabor renang, Naoya Tomita, setelah kedapatan mencuri kamera milik jurnalis yang bertugas

“NOC (Komite Olimpiade Nasional) Jepang memutuskan untuk mencabut akreditasi mereka dan memulangkan mereka kembali ke Jepang pada pagi ini,” kata Yamashita pada konferensi pers, Senin (20/8).

Menurut Yamashita, perbuatan keempat atletnya itu merupakan pelanggaran disiplin berat. Karena itu, pihaknya memberikan sanksi yang berat pula.

“Kami akan memutuskan hukuman yang layak untuk empat pemain itu, segera setelah kami mendengar fakta-faktanya. Kami harus bekerja lebih keras untuk membuat hal semacam ini tak terulang lagi,” tegasnya.

Pihaknya pun meminta maaf kepada seluruh rakyat Jepang dan meminta mereka terus memberikan dukungan untuk kontingen negeri Samurai.

“Saya bertekad untuk menghindari masalah-masalah disiplin seperti ini lagi,” katanya.

Di sisi lain, tim basket putra Jepang saat ini menduduki puncak klasemen sementara penyisihan Grup C. Mereka masih memiliki satu pertandingan lagi untuk memastikan langkah ke perempat final, yakni kontra Hong Kong, yang dimainkan pada Rabu (22/8/2018).

Kehilangan empat pemain itu jadi pukulan mengingat dalam dua laga yang sudah dijalani di penyisihan Grup C Asian Games 2018, keempatnya termasuk andalan tim basket Jepang. (im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here